spot_img
Sabtu, September 7, 2024
spot_img
BerandaHEADLINEDua Bulan Jelang MotoGP, Sirkuit Mandalika Siap Dihomologasi

Dua Bulan Jelang MotoGP, Sirkuit Mandalika Siap Dihomologasi

Praya (Suara NTB) – Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) memastikan Sirkuit Internasional Mandalika siap untuk menggelar ajang MotoGP yang tinggal sekitar dua bulan lagi. Kendati ada perbaikan dibeberapa area sirkuit. Namun hanya bersipat minor saja, tidak ada perbaikan skala besar yang membutuhkan waktu lama. Demikian ditegaskan Direktur Teknik dan Operasi MGPA, Samsul Purba, Rabu, 17 Juli 2024.

Ditemuai di kawasan sirkuit Mandalika, Samsul mengatakan kalau dari aspek kesiapan sirkuit tidak ada masalah. Sirkuit Mandalika siap dihomologasi. Terlebih, di sirkuit Mandalika hamper setia hari ada event. Hal itu cukup membantu pihaknya dalam melakukan pemeriksaan dan pengecekan kondisi semua fasilitas penunjang sirkuit.

Sehingga pihaknya bisa tahu peralatan atau fasilitas apa saja yang sudah tidak berfungsi dengan baik atau rusak. Untuk kemudian bisa dilakukan perbaikan. Atau jika diperlukan diganti dengan yang baru. Khusus untuk lintasan sirkuit, pengerjaan hanya berupa pengecatan saja. Tidak ada pekerjaan besar yang dilakukan, terangnya.

Lebih lanjut Samsul menjelaskan, hingga Agustus mendatang masih ada beberapa event internasional yang akan digelar. Sebelum ajang MotoGP digelar pada 27-29 September 2024 mendatang. Ada Asia Road Racing Championship (ARRC) hingga ajang balap mobil Radikal Championship. Jadi untuk sementara pembenahan area lintasan belum dilakukan. Sampai event besar usai digelar.

Di tempat yang sama, General Manager The Mandalika Wahyu M. Nugroho, menambahkan dari aspek dukungan kawasan The Mandalika juga tidak ada persoalan. Terutama untuk area parkir kendaraan para penonton, semua sudah siap.

Saat ini di sekitar sirkuit Mandalika sudah ada beberapa titik parkir yang tersedia. Dengan daya tampung sekitar 8.000 kendaraan roda dua. Jarak lokasi parkir tersebut paling jauh hanya sekitar 500 meter saja dari sirkuit Mandalika tempat balapan berlangsung. Bahkan jika dirasa belum mencukupi, sudah ada area timur kawasan The Mandalika yang siap dibuka untuk menampung kendaraan penonton MotoGP, imbuhnya.

Jadi untuk gelaran MotoGP yang ketiga kalinya ini, fokus pada aspek gelaran. Kalau dari sisi fasilitas penunjang serta sirkuit, bisa dikatakan sudah tidak ada yang perlu dikhwatirkan. Justru sekarang kita lagi fokus melakukan penghijauan dengan menanam berbagai jenis pohon di sekitar sirkuit Mandalika dan area lainnya di kawasan The Mandalika. Supaya kawasan The Mandalika bisa lebih hijau dan bisa memberikan kenyamanan bagi para penonton yang datang nanti, pungkas Wahyu. (kir)



RELATED ARTICLES
- Advertisment -




Most Popular

Recent Comments