spot_img
Senin, September 16, 2024
spot_img
BerandaHEADLINENama Calon Pj Walikota Bima Diusulkan ke Mendagri, Pelantikan Paling Lambat Sehari...

Nama Calon Pj Walikota Bima Diusulkan ke Mendagri, Pelantikan Paling Lambat Sehari Sebelum Pendaftaran Calon ke KPU

Mataram (Suara NTB) – Penjabat (Pj) Gubernur NTB Hassanudin sudah mengusulkan tiga nama Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) lingkup Pemprov NTB ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sebagai calon Walikota Bima, Kamis, 18 Juli 2024 . Pengusulan dilakukan, setelah nama-nama calon Pj Walikota Bima digodok di Biro Pemerintahan Setda NTB, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB dan juga Sekda NTB dan disetujui Pj Gubernur untuk dilanjutkan ke Mendagri.

Pj. Gubernur NTB sudah menyampaikan usulan calon Pj Walikota Bima ke Mendagri tanggal 18 Juli yang terdiri dari 3 orang ASN dan merupakan pejabat Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan memiliki pengalaman di bidang penyelenggaraan pemerintahan, ujar Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB Ir. H. Lalu Hamdi, M.SI., di Kantor Gubernur NTB, Kamis, 18 Juli 2024.

Meski demikian, Lalu Hamdi belum bersedia menyebut tiga JPTP lingkup Pemprov NTB yang diusulkan sebagai calon Pj Walikota Bima. Tunggu saja setelah ditetapkan oleh Mendagri, jawabnya pendek.
Disinggung mengenai waktu keluarnya Surat Keputusan (SK) calon Pj Walikota Bima, menurutnya, semuanya tergantung Mendagri. Apalagi Pj Walikota Bima H. Moh. Rum sudah mengajukan permohonan pengunduran diri ke Mendagri karena akan ikut berkontestasi pada Pilkada Kota Bima, November mendatang.

Jadi kan Pj Walikota sudah menyatakan mundur, maka berhentinya Pj Walikota Bima itu apabila sudah keluar SK pemberhentiannya. Dan mungkin keluarnya SK Pj Walikota Bima itu dibarengi dengan SK pengangkatan PJ Walikota yang baru. Kapan keluarnya SK pemberhentian itu? Pj Walikota Bima berhenti setelah keluarnya SK yang baru itu dari Mendagri, ujarnya.

Mantan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi NTB ini menjelaskan, SK pemberhentian Pj Walikota Bima berbarengan dengan keluarnya SK Pj Walikota Bima yang baru aggar tidak terjadi kekosongan kekuasaan.

Batas akhirnya satu hari sebelum pendaftaran. Pendaftaran tanggal 27 Agustus. Jadi sebelum tanggal 27 Agustus sudah berhenti dan sudah ada pengganti, tambahnya.

Meski demikian, keluarnya SK Pj Walikota Bima yang baru tergantung Mendagri. Bisa saja Minggu ini atau beberapa hari ke depan. Tergantung Menteri. Pelantikan Pj Walikota Bima pasca mundurnya H. Rum paling lambat sehari sebelum tanggal pendaftaran calon, pendaftaran calon adalah tanggal 27-29 Agustus, terangnya.

Sebelumnya H. Moh. Rum mengajukan permohonan pengunduran diri Pj Walikota Bima, karena mau mencalonkan diri sebagai Walikota Bima, pada November mendatang. Setelah proses pengunduran diri diterima, Moh. Rum akan kembali menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi NTB, sampai pengusulan dirinya berhenti sebagai ASN juga keluar. (ham)



RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments