spot_img
Jumat, September 20, 2024
spot_img
BerandaNTBLOMBOK TENGAHVaksinasi Polio 2024, Sasar 151 Ribu Anak di Loteng

Vaksinasi Polio 2024, Sasar 151 Ribu Anak di Loteng

Praya (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) menegaskan kesiapannya melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap kedua tahun 2024 ini. Di mulai dari tanggal 23 Juli 2024 mendatang, dengan sasaran sebanyak 151.608 anak usia 0 sampai 7 tahun.

Untuk mensukseskan program pemerintah pusat tersebut, Pemkab Loteng bakal melibatkan enam rumah sakit serta 3.333 orang kader posyandu yang tersebar di seluruh wilayah Loteng.

“Vaksinasi polio ini merupakan bagian dari upaya nasional untuk memberikan imunisasi tambahan kepada anak-anak. Guna mencegah penyebaran virus polio. Sekaligus menanggulangi Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio di Indonesia,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Loteng H.L. Firman Wijaya, S.T.M.T., dalam keterangannya, Jumat, 19 Juli 2024.

Pada pelaksanaan PIN Polio kali ini, Pemkab Loteng menargetkan cakupan imunisasi minimal 95 persen dari total sasaran. Dengan vaksin yang digunakan nOPV2 dan juga akan akan melibatkan berbagai pos imunisasi yang tersebar di berbagai tempat, mulai dari TK, Posyandu, PAUD, SD/MI hingga pondok pesantren.

“Kita juga sudah menyiapkan berbagai sumber daya kesehatan yang ada. Selain 6 rumah sakit ada 29 puskesmas, 98 Pustu, dan 1.745 Posyandu yang akan terlibat. Dengan total petugas vaksinator sebanyak 1.457 orang. Ditambah 30 orang supervisor kabupaten dan 178 orang supervisor puskesmas,” jelasnya.

Sejak awal Juli, Pemkab Loteng sudah melakukan persiapan-persiapan yang diperlukan untuk suksesnya pelaksanaan PIN Polio tahun ini. Mulai dari penyusunan mikroplaning, persiapan media KIE, pembuatan SE dan instruksi Bupati serta penyusunan anggaran. Kemudian press briefing dan advokasi serta orientasi pelaksanaan PIN Polio yang dilakukan secara virtual.

“Adapun unuk distribusi vaksin dan logistik serta penyebarluasan media KIE, dilaksanakan hingga minggu ketiga bulan Juli ini,” tandas Firman.

Lebih lanjut mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Loteng ini menjelaskan, pelaksanaan PIN Polio dalam dua putaran. Putaran pertama pada 23 sampai 29 Juli 2024. Sedangkan putaran kedua dilaksanakan mulai tanggal 6 sampai 12 Agustus 2024 mendatang.

Setelah itu juga akan tahapan sweeping untuk memastikan semua sasaran vaksinasi sudah mendapat layanan vaksin polio. Dan, itu juga dilaksanakan dalam dua putaran, yakni 30 Juli hingga 3 Agustus 2024. Sweeping putaran pertama serta 13 sampai 17 Agustus 2024 untuk sweeping putaran kedua. Baru kemudian finalisasi catatan dan pelaporan dijadwalkan mulai 19 hingga 24 Agustus 2024 mendatang.

“Demi suksesnya program nasional kami mengajak seluruh elemen masyarakat serta para pemangku kepentingan untuk berpartisipasi aktif, mendukung kesuksesan kegiatan ini. Demi kesehatan dan masa depan yang lebih baik bagi generasi penerus,” pungkas Firman. (kir)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO