spot_img
Rabu, September 11, 2024
spot_img
BerandaHEADLINETerdampak Musim Kemarau, Dinsos NTB Salurkan Ratusan Ribu Liter Air Bersih ke...

Terdampak Musim Kemarau, Dinsos NTB Salurkan Ratusan Ribu Liter Air Bersih ke Warga

Mataram (Suara NTB)- Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi NTB masih tetap mengirimkan air bersih ke pelosok-pelosok desa yang membutuhkan air bersih di musim kemarau ini. Selama bulan Juli 2024 saja, Dinsos NTB mendistribusikan sebanyak 220 ribu liter air bersih.

Kepala Dinsos NTB Dr. H. Ahsanul Khalik, S.Sos., M.H., mengatakan, selama Juli ini air didistribusikan ke wilayah Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Utara, dan Lombok Timur. Di wilayah Lombok Timur, fokus pendistribusian air ke wilayah Kecamatan Jerowaru yang memang menjadi langganan kekeringan.

“Kalau Lombok Utara pengantaran air ke wilayah Pemenang, Lombok Tengah ada di Kecamatan Jonggat dan Labulia. Lombok Barat ada di wilayah Batulayar. Ini kita sesuaikan dengan permintaan masyarakat, karena ada beberapa wilayah yang memang kekeringan namun kan belum ada permintaan masyarakat,” kata H.Ahsanul Khalik kepada wartawan, Rabu 31 juli 2024.

Ia mengatakan, di Bulan September dan seterusnya, Dinsos NTB tak hanya melakukan distribusi air bersih berdasarkan permintaan warga, namun tim dinas sudah membuat jadwal pendistribusian ke wilayah-wilayah yang terdampak musim kemarau secara bergiliran.

Dr. Aka, sapaan akrabnya mengaku tetap optimis bisa memenuhi permintaan masyarakat karena distribusi air bersih ini bukan hanya tugas dari Dinsos saja. Namun ada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB serta lembaga lain seperti PMI, LAZ Dasi NTB serta sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat ikut ambil bagian dalam proses pendistribusian air bersih ini.

“Dan yang rutin itu nanti dari Kepolisian, jadi Insya Allah tetap bisa terpenuhi. Perkiraan kita, permintaan yang tinggi itu mulai September, Oktober, dan November. Namun nanti permintaan masyarakat itu akan sampai pada awal Februari 2025. Meskipun musim hujan sudah turun, tetap dilakukan distribusi, karena meski hujan turun belum tentu sudah ada air,” katanya.

Ia menambahkan, armada pengangkut air bersih yang dimiliki Dinsos NTB sebanyak empat unit mobil tangki dengan kapasitas masing-masing 5000 liter. Seluruh mobil ini ada di gudang Dinsos NTB. Sebenarnya ada satu mobil tangki lagi yang dimiliki oleh Dinsos NTB, namun ditempatkan di Dinsos Kabupaten Dompu untuk bisa membantu pelayanan di kabupaten tersebut, karena Dinsos Dompu tidak memiliki mobil tangki.

“Adapun penanganan air bersih untuk Pulau Sumbawa ditangani oleh Dinas Sosial Kabupaten/Kota karena sudah ada juga mobil tangki masing-masing,” tutupnya.(ris)



RELATED ARTICLES
- Advertisment -




Most Popular

Recent Comments