spot_img
Selasa, September 17, 2024
spot_img
BerandaEKONOMIDistan Kota Mataram Buka Layanan Vaksin Gratis untuk Hewan Kesayangan

Distan Kota Mataram Buka Layanan Vaksin Gratis untuk Hewan Kesayangan

Mataram (Suara NTB) – Dinas Pertanian (Distan) Kota Mataram, membuka layanan vaksin kesehatan hewan kesayangan secara gratis untuk mencegah hewan peliharaan terinfeksi penyakit menular dan berbahaya.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian (Distan) Kota Mataram Rihul Jannah di Mataram, Jumat, mengatakan layanan vaksin gratis sekaligus untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 Kota Mataram pada 31 Agustus 2024.

“Layanan kesehatan hewan kesayangan gratis, kita buka setiap hari Jumat selama bulan Agustus 2024,” katanya.

Ia mengatakan setiap Jumat pada bulan Agustus layanan kesehatan hewan kesayangan gratis dimulai pukul 09.00-11.00 Wita di halaman Kantor Wali Kota Mataram dan masyarakat Kota Mataram bisa membawa hewan kesayangan, terutama kucing.

Beberapa jenis layanan vaksin gratis yang diberikan meliputi vaksin rabies, suntik kutu, suntik cacing, dan pemberian multivitamin.

“Setiap layanan kita batasi maksimal 40 hewan, tapi ternyata yang datang lebih dari 100 orang,” katanya.

Hal itu, katanya, sebagai salah satu bentuk antusias masyarakat yang memiliki hewan kesayangan untuk bisa memberikan jaminan kesehatan kepada hewan peliharaan mereka.

“Mau tidak mau meskipun kita batasi 40 orang, tapi kalau sudah datang tetap kita layani,” katanya

Untuk mengoptimalkan pelayanan, pihaknya membuka empat stan layanan dan menurunkan empat orang dokter hewan.

“Harapannya, layanan kesehatan hewan kesayangan gratis bisa mencegah penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke hewan dan juga dari hewan ke manusia,” katanya.

Lebih jauh Rihul mengatakan tingginya antusias masyarakat dalam layanan vaksin kesehatan hewan kesayangan gratis, karena memang biaya untuk melakukan vaksin dan lainnya bagi hewan kesayangan relatif mahal.

Misalnya, untuk pemberian vaksin rabies bisa mencapai Rp150 ribu, multivitamin sekitar Rp100 ribu, suntik kutu dan kuku masing-masing bisa Rp150 ribu.

“Karena itu, mari manfaatkan momen kami ini untuk mewujudkan hewan kesayangan yang sehat. Kita masih punya dua kali jadwal kegiatan serupa yakni pada Jumat tanggal 16 dan 23 Agustus 2024,” katanya. (ant)



RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO

Recent Comments