spot_img
Kamis, September 19, 2024
spot_img
BerandaNTBUpacara Tabur Bunga, Lapas Lobar Kanwil Kemenkumham NTB Berikan Penghormatan Tertinggi bagi...

Upacara Tabur Bunga, Lapas Lobar Kanwil Kemenkumham NTB Berikan Penghormatan Tertinggi bagi Para Pahlawan

Mataram (suarantb.com) – Jelang peringatan HUT RI dan Hari Pengayoman Ke-79 di tahun 2024, Lapas Kelas IIA Lombok Barat Kanwil Kemenkumham NTB mengikuti Upacara Tabur Bunga dan Ziarah Makam Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Majeluk Kota Mataram, Jumat, 9 Agustus 2024.

Kalapas Lombok Barat, M. Fadli menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi wujud penghargaan dan penghormatan Lapas Lombok Barat Kanwil Kemenkumham NTB terhadap jasa-jasa para pahlawan bagi bangsa Indonesia.

“Selain sebagai salah satu bentuk penghormatan para petugas kepala pahlawan yang telah berjasa, juga sebagai pengingat akan pentingnya menjaga semangat kebangsaan dan nasionalisme dalam setiap langkah pengabdian kepada negara,” terang Kalapas Fadli usai kegiatan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTB, Parlindungan mengawali kegiatan dengan penghormatan dan mengheningkan cipta kepada arwah para pahlawan, kemudian dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di Tugu Monumen TMP.

Dalam suasana khidmat, Kakanwil Kemenkumham NTB mengajak seluruh peserta untuk memberikan penghormatan dan merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah diberikan kepada bumi pertiwi demi perjuangan bangsa dan Negara.

Kegiatan dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga di pusara beberapa makam para pahlawan oleh Pimpinan Tinggi Pratama dan Para Kepala Unit Pelaksana Teknis seluruh Lombok.

Parlindungan menambahkan bahwa kegiatan ziarah ini juga untuk menumbuhkan nilai nasionalisme sebagai modal sosial untuk kemudian diimplementasikan dan didayagunakan dalam mengatasi berbagai permasalahan, sehingga semangat kepahlawanan seperti cinta tanah air, rela berkorban, pantang menyerah, saling menolong dan lain sebagainya menjadi sumber motivasi dan modal untuk mengatasi berbagai masalah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Nilai perjuangan para pahlawan harus senantiasa dijadikan semangat pantang menyerah, gigih dalam berjuang, bekerja keras, dan berintegritas yang senantiasa diimplementasikan dalam setiap langkah,” tambahnya. (r/*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO