spot_img
Kamis, September 19, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANSemarakkan Hari Kemerdekaan, SMKN 7 Mataram Gelar Persami

Semarakkan Hari Kemerdekaan, SMKN 7 Mataram Gelar Persami

Mataram (Suara NTB) – Menyemarakkan peringatan hari Kemerdekan Republik Indonesia  yang ke 79, Gerakan Pramuka Gugus Depan 04-055 04-056 pangkalan SMK Negeri 7 Mataram menggelar Kemah Persami atau Perkemahan Sabtu Minggu. Perkemahan ini diikuti  sekitar 50 anggota baru dan anggota lama yang mengambil  lokasi kemah di halaman SMKN 7 Mataram.

Kegiatan perkemahan ini dirangkai dengan Pelantikan Calon Tamu Ambalan ke Anggota Ambalan Pangeran Sumantri dan Dende Nawangsasih Gerakan Pramuka SMKN 7 Mataram. Kegiatan Persami ini tidak hanya diikuti anggota Pramuka saja, namun juga melibatkan  Tim Kesehatan dari  Pramuka Racana Poltekkes Negeri Mataram .

’’Kerja sama dengan Pramuka Racana Poltekkes Negeri Mataram ini sudah berlangsung sejak lama. Hal ini sebagai bentuk sinergitas antar anggota pramuka di luar pangkalan,’’ jelas Pelatih Pramuka SMKN 7 Mataram Deny Masrahul, S.Pi, M.Tp., dalam keterangan yang diterima Suara NTB, Senin, 12 Agustus 2024.

Menurutnya, kegiatan Persami ini berlangsung di dalam ruangan  untuk materi tentang Kepramukaan dan di luar ruangan untuk materi yang bersifat permainan atau out bound.

Kepala SMK Negeri 7 Mataram Drs Artawan mendukung penuh seluruh kegiatan yang ada di sekolah dalam rangka membentuk Insan yang punya dedikasi tinggi dan disiplin yang tangguh. Menurutnya, tanpa disiplin, sulit untuk meraih apa yang menjadi harapan.

Untuk itu, pihaknya mengajak anggota Pramuka terus berkomitmen dalam mengasah keterampilan  yang efektif dan mengamalkan nilai-nilai kepramukaan  dalam tindakan nyata. Termasuk mempertebal wawasan kebangsaan.  Hal ini penting dilakukan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang lebih profesional  dan memiliki wawasan kebangsaan .

’’Hal ini menjadi sangat penting agar niai-nilai kebangsaan kita tidak luntur harus tetap menanamkan rasa nasionalisme, dan semangat bela negara  di arus derasnya informasi dari media sosial yang bisa saja menimbulkan semangat kebangsaan pada setiap generasi,’’ ujarnya mengingatkan.

Dijelaskannya, kegiatan Persami ini merupakan waktu yang sangat tepat dan ideal, karena bulan Agustus yang merupakan bulan kemerdekaan Republik Indonesia. Hal ini juga sebagai upaya menanmkan semangat nasionalisme di kalangan generasi muda di era zaman ini.

Sementara itu Pembina Pramuka SMKN 7 Mataram  Akhmad Ramli, S.H. S.Pd., menekankan  pada seluruh anggota Pramuka untuk memiliki wawasan yang luas  dan menjadi generasi yang tangguh  dan berkontribusi positif pada setiap kesempatan di manapun berada. Selain itu berpegang teguh pada ”Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, terutama Dasa Darma ke sepuluh, yakni ” Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan ”.

’’Jika ini bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, maka di mana saja kita berada tentu kita akan menjadi orang yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat,’’ ujarnya.

Salah seorang peserta kemah, Sintia Selviani merasa sangat senang dan gembira  mendapatkan ilmu yang luar biasa dari kegiatan tersebut. Setidak dirinya bersama anggota yang lain bisa tahu cara berinteraksi, penanaman kedisiplinan  melatih  tanggung jawab dan penambahan wawasan  kebangsaan, sehingga berharap Persami ini lebih sering diadakan, baik dalam satu pangkalan maupun dengan pangkalan yang  lain. (ham)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO