spot_img
Rabu, September 11, 2024
spot_img
BerandaNTBDOMPUFaskes Tidak Lengkap, Pemeriksaan Kesehatan Cakada Dilakukan di RSUP NTB

Faskes Tidak Lengkap, Pemeriksaan Kesehatan Cakada Dilakukan di RSUP NTB

Dompu (Suara NTB) – Pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah (Cakada) pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati Dompu akan dilakukan di RSUP NTB Kota Mataram. RSUD Dompu belum memiliki fasilitas yang memadai untuk secara mandiri memeriksakan kesehatan seperti yang dipersyaratkan dalam Peraturan KPU soal pencalonan.

Hal itu diakui Direktur RSUD Dompu, dr. H. Fitratul Ramadhan, Sp.P kepada Suara NTB, Kamis, 15 Agustus 2024. “Selain (Bakal Cakada) Dompu, Kabupaten Bima, Kota Bima, dan KSB itu dialihkan ke Rumah Sakit Umum Provinsi (NTB). Karena di sana lengkap,” kata Fitratul Ramadhan.

Dikatakan Fitratul, pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah sesuai PKPU, banyak item yang harus diperiksa. Sehingga dibutuhkan banyak spesialis dan sub spesialis untuk pemeriksaan kesehatannya. Termasuk harus didukung oleh alat kesehatan yang memadai. Seperti spesialis jiwa, dan spesialis jantung yang tidak ada di Dompu.

Pemeriksaan penunjang, untuk jantung harus ada alat treadmill, ada ekokardiografi, ada ct scan, dan MRI. Semuanya tidak ada di Dompu. “Semula kami ingin kerjasamakan dengan (RSUD) Bima, (ternyata) Bimapun ke Provinsi. Jadi kami sarankan ke RSUP,” ungkapnya.

Hal ini juga sudah dilaporkan ke Dinas Kesehatan dan juga sudah dilaporkan ke KPU. Para kepala Dinas Kesehatan se NTB dan Direktur RSUD se NTB juga telah membahasnya dalam rapat koordinasi (Rakor) 2 hari lalu di Mataram. Hasilnya diarahkan untuk pemeriksaan kesehatan dilakukan di RSUP NTB.

Humas RSUD Dompu, Muhammad Iradat, S.Gizi mengatakan, untuk standar medical check up di RSUD Dompu sudah ada dan sangat layak. Tapi untuk pemeriksaan paripurna, RSUD Doompu belum memenuhi syarat. Terlebih RSUD Dompu statusnya masih tipe C. Seperti alat kesehatan untuk MRI, MRA, CT Scan, ruangan dan alskes sertap spesialis rehabilitasi medik dan beberapa alkes lain yang beririsan dengan ketersediaan spesialis tertentu masih kurang. Contohnya spesialis vaskuler dan lainnya.

Biasanya MCU yang umum mengacu pada pemeriksaan fisik, mental dan penunjang. Pada pemeriksaan penunjang biasanya ada pemeriksaan Laboratorium seperti cek darah lengkap, pemeriksaan fungsi jantung (EKG/EKG Treadmill), fungsi ginjal (Urine), fungsi Paru, Organ dalam dan Pencernaan (Rontgen, USG, X-Ray, dan lainnya), fungsi Hati, Fungsi Mata dan lainnya. (ula)



RELATED ARTICLES
- Advertisment -




Most Popular

Recent Comments