spot_img
Selasa, September 17, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANUmmat Tingkatkan Kreativitas Mahasiswa Lewat “Mahasiswa Ummat Expo 2024”

Ummat Tingkatkan Kreativitas Mahasiswa Lewat “Mahasiswa Ummat Expo 2024”

Mataram (Suara NTB) – Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) menggelar “Mahasiswa Ummat Expo 2024” di halaman kampus Ummat dengan mengusung tema “Pegelaran Karya Mahasiswa, Semarak HUT Ke-79 RI”. Kegiatan itu digelar di halaman kampus Ummat, mulai dari Kamis, 15 Agustus 2024 sampai dengan Sabtu, 17 Agustus 2024.

Mahasiswa Ummat Expo 2024 resmi dibuka oleh Rektor Ummat, Drs. Abdul Wahab, M.A. Expo ini menampilkan berbagai hasil karya kreatif mahasiswa, mulai dari produk kesehatan, makanan, alat produksi, hingga tanaman. Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan seru dari UKM Musik dan UKM Sasentra.

“Expo ini kaitan dengan karya mahasiswa, ternyata karya mahasiswa ini banyak yang tidak kita ketahui, dengan expo ini kita tahu karya mahasiswa yang tersimpan,” ujarnya.

Sebanyak 26 kelompok mahasiswa mengikuti kegiatan Expo ini. Pihaknya menargetkan kegiatan yang lebih besar di masa akan datang. “Insyallah akan datang, kami akan buat kegiatan lebih besar,” ujarnya.

Wakil Rektor III Ummat, Dr. Erwin, M.Pd., menjelaskan, gelaran ini merupakan satu pagelaran untuk memperkenalkan karya inovasi mahasiswa Ummat.” “Kami yakin dan percaya bahwa mahasiswa kami memiliki kreativitas luar biasa, tinggal kita dukung saja,” ujarnya.

Keigatan Mahasiswa Ummat Expo 2024 ini merupakan penyelenggaraan edisi perdana. Pihaknya berharap melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan motivasi mahasiswa untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagt.

“Kita melihat generasi saat ini punya potensi besar, tinggal kita fasilitasi dan kita dorong, tinggal kita dorong ide mereka terealisasi dalam bentuk program,” ujar Erwin.

Di samping menyelenggarakan expo, pihaknya melakukan pendampingan lainnya kepada mahasiswa. Ummat dorong mahasiswa mempersiapkan proposal untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional.

“Di Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), sebanyak 10 kelompok lulus pendanaan. Kami juga dorong agar kreavitias seperti ini bisa dibawa ke tengah masyarakat melalui program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa). Alhamdulilah ada empat kelompok yang sedang mengabdi saat ini,” jelas Erwin.

Ketua Panitia Mahasiswa Ummat Expo 2024, yang juga Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) Ummat, Drs. Amil, MM., tujuan dari expo ini untuk memamerkan karya mahasiswa Ummat.

“Kegiatan ini membuktikan mahasiswa Ummat bisa menghasilkan produk yang bisa dijual. Kita bisa pasarkan hasil karya mahasiswa kita,” ujarnya.

Di pembukaan kegiatan kemarin, Rektor bersama tamu undangan dan sponsor berkeliling ke setiap stand pameran kelompok mahasiswa. Selain pameran produk kreativitas mahasiswa, kegiatan itu juga diisi dengan penampilan musik dan penampilan kesenian lainnya dari para mahasiswa Ummat. (ron/*)



RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO

Recent Comments