spot_img
Rabu, September 18, 2024
spot_img
BerandaNTBLOMBOK BARAT350 Pelamar Mendaftar Seleksi CPNS, Lobar Berharap Rekrutmen PPPK Dibuka Akomodir Ribuan...

350 Pelamar Mendaftar Seleksi CPNS, Lobar Berharap Rekrutmen PPPK Dibuka Akomodir Ribuan Non ASN

Giri Menang (Suara NTB) – Empat hari dibuka pendaftaran seleksi CPNS di Lombok Barat (Lobar), jumlah pelamar CPNS sudah mencapai 350 orang.  Dari jumlah itu baru sebagian kecil yang sudah submit. Sementara untuk seleksi PPPK, Pemkab Lobar masih menunggu kepastian rekrutmen dari pusat. Sejauh ini belum ada kepastian seleksi PPPK teresebut.

Kabid Pengadaan, Mutasi dan Data dan Informasi BKD dan PSDM Lobar Hirman Zulkarnaen menyebutkan hingga tanggal 24 Agustus, atau empat hari dibuka pendaftaran seleksi CPNS ada 350 orang pendaftar. “350 pendaftar, baru 53 yang sudah submit,” kata Hirman, Minggu, 25 Agustus 2024.

Ia menerangkan eleksi CPNS untuk kebutuhan pengadaan ASN khusus untuk CPNS. Sedangkan untuk PPPK belum keluar. “Sudah diumumkan beberapa formasi khusus CPNS sebanyak 80 tenaga teknis,”kata dia.

Ada beberapa jenis formasi tersebar di semua OPD. Selain itu sesuai amanat undang-undang, ada dibuka khusus formasi sebesar 2 persen untuk disabilitas. Ada juga tambahan empat formasi di beberapa OPD. “Jadi total formasi untuk disabilitas enam formasi, dua secara khusus dan empat formasi tambahan,” jelasnya.

Jumlah formasi ini dari usulan secara keseluruhan 339 formasi CPNS dan PPPK. 80 formasi CPNS sisanya PPPK. “Tapi yang keluar 80 formasi,” sambungnya.

Jumlah ini formasi ini disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan ASN dari usulan awal yang banyak guru dan ASN sehingga yang disisir pada seleksi CPNS ini kalangan Tenaga Teknis. Di satu sisi ada regulasi terkait pengangkatan tenaga non ASN harus diselesaikan per Desember 2024. Dalam usulan formasi ini tidak serta merta semua usulan dari OPD diusulkan, namun ada proses penghitungan teknis. Kebutuhan itu diperoleh dari masukan OPD. Seperti beberapa OPD yang butuh analis keuangan daerah dan pusat.

Selain itu, usulan formasi itu berdasarkan jumlah ASN yang pensiun. “Makanya itu juga pertimbangan anggaran segala macam, yang jelas mengacu pada aturan berkelaku,”ujarnya.

Ia menambahkan, soal seleksi CPNS pihaknya telah mengumumkan melalui laman resmi BKD dan PSDM serta situs Pemkab Lobar. Rincian pengumuman dari pengumuman seleksi, pendaftaran, hingga tahapan akhir sesuai jadwal yang telah ditetapkan BKN. (her)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO