spot_img
Sabtu, September 14, 2024
spot_img
BerandaNTBSUMBAWAHaji Mo Pantau Pembuatan Pupuk Organik di Buer

Haji Mo Pantau Pembuatan Pupuk Organik di Buer

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, memantau langsung proses pembuatan pupuk organik yang Dinas Pertanian (Distan) di Desa Buin Baru, Kecamatan Buer dalam upaya meningkatkan kapasitas para petani.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program peningkatan kapasitas para petani yang diinisiasi Distan bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI),” kata Haji Mo dikutip dari lamas resmi media sosialnya, Kamis, 29 Agustus 2024.

Haji Mo turut  menekankan agar penggunaan pupuk organik bisa menjadi langkah strategis dalam menjaga keberlanjutan pertanian. Apalagi program ini menerapkan teknologi ramah lingkungan sehingga diharapkan kesuburan tanah dapat terus terjaga dan produksi pertanian meningkat secara alami.

“Jadi, pembuatan pupuk organik ini sangat bagus untuk menekan masifnya penggunaan pupuk kimia, sehingga tingkat kesuburan tanah tetap terjaga,” ucapnya.

Haji Mo turut menyampaikan pentingnya peran penyuluh pertanian lapangan (PPL) dalam mendukung dan mendampingi para petani.

“Ke depan, kita akan terus mendorong para PPL di Kabupaten Sumbawa untuk meningkatkan perannya dalam pendampingan kepada para petani. Sektor pertanian adalah salah satu tulang punggung perekonomian daerah, dan petani adalah pelaku utamanya,” ujar Bupati.

Ia berharap, para petani yang diberikan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan pupuk organik untuk terus mengoptimalkan hasil produksi. Terlebih mampu menyebarkan informasi tersebut ke para petani lainnya untuk terus mengembangkan produksi pupuk organik.

“Saya berharap agar program ini dapat berlanjut dan memberikan manfaat yang nyata bagi peningkatan produktivitas pertanian di Desa Buin Beru dan daerah lainnya di Kabupaten Sumbawa,” tukasnya. (ils)



RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments