spot_img
Jumat, September 20, 2024
spot_img
BerandaNTBSUMBAWADLH Sumbawa Perjuangkan Rencana Pembangunan TPA Wilayah Timur

DLH Sumbawa Perjuangkan Rencana Pembangunan TPA Wilayah Timur

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumbawa, terus memperjuangkan terwujudnya pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di wilayah timur Sumbawa untuk mengurangi beban TPA Raberas.

“Jadi, untuk TPA di wilayah timur untuk proses peminjaman lahan sudah dilakukan tinggal dilakukan proses pemenuhan persyaratan TPA nya saja yang saat ini terus kita lakukan,” kata Kabid Pengolahan Sampah dan limbah B3 Abdul Malik, Rabu, 4 September 2024.

Malik melanjutkan, untuk TPA di wilayah timur pihaknya sudah menyiapkan sekitar 5 hektare dengan status pinjam pakai. Bahkan dari segi lokasi dan tata letak sangat mumpuni untuk dilakukan pembangunan TPA di lokasi tersebut.

“Kalau dari segi lokasi sudah kita tinjau dan sangat memungkinkan untuk dilakukan pembangunan TPA tinggal menunggu rampungnya proses persyaratan,” sebutnya.

Diakuinya, kebutuhan untuk menambah TPA di Sumbawa dianggap cukup mendesak dilakukan karena kondisi TPA Raberas diprediksi mampu bertahan sekitar 2 tahun 5 bulan. Terkait rencana tersebut pihaknya sudah disuarakan ke Pemerintah tinggal menunggu informasi lebih lanjut.

“Kami terus turun melakukan pengecekan lokasi TPA zona timur tersebut, sehingga kita bisa melakukan pemetaan ketika TPA Raberas mengalami overload,” ucapnya.

Selain TPA di wilayah timur, pihaknya juga akan mengupayakan pembangunan TPA di zona Barat dan Selatan. Jika tiga zona tersebut memiliki TPA, maka pihaknya optimis bisa meraih penghargaan trophy Adipura di masa akan datang.

“Iya, kalau bangun baru sih butuh anggaran besar sekitar Rp30 miliar, sekelas tempat pembuangan sementara saja butuh biaya Rp19 miliar dan kami berharap bisa segera terealisasi,” jelasnya.

Ia berharap, kebutuhan pembiayaan untuk penambahan TPA baru bisa terealisasi. Sehingga penanganan sampah yang akan dilakukan nantinya bisa lebih maksimal. “Kami berharap rencana tersebut bisa terealisasi, sehingga penanganan sampah yang kita lakukan bisa lebih maksimal,” tukasnya. (ils)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO