spot_img
Senin, September 16, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANHebat, Unisma Malang Raih Empat Penghargaan Anugerah Kampus Unggulan Jawa Timur

Hebat, Unisma Malang Raih Empat Penghargaan Anugerah Kampus Unggulan Jawa Timur

Malang (suarantb.com)Universitas Islam Malang (Unisma) di awal tahun akademik berhasil meraih empat penghargaan bergengsi dalam ajang Anugerah Kampus Unggulan Jawa Timur. Penghargaan tersebut diberikan langung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur, Prof Dr Dyah Sawitri SE MM sebagai penyelenggara, di Hotel Grand Mercure Mirama Malang, Kamis (5/9/2024).

Penghargaan tersebut diantaranya, Peringkat 1 Kategori Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Terbaik 2 Kategori Implementasi MBKM Terbaik. Terbaik 3 Kategori Perguruan Tinggi Berprestasi di Bidang Kemahasiswaan. Dan menjadi Pemenang Anugerah Academic Leader 2024 Bidang Rektor dengan Student Body diatas 10.000 Mahasiswa. Anugerah Academic Leader 2024, diberikan kepada Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si (Rektor Unisma Periode 2014-2024).

Ungkapan syukur pun disampaikan oleh Rektor Unisma saat ini, Prof. Drs. Junaidi, M.Pd., Ph.D dalam kegiatan konferensi pers, Jumat, 6 September 2024. “Alhamdulillah, tahun ini Unisma mendapatkan empat penghargaan sekaligus. Tiga diantaranya penghargaan yang bersifat institusional,” ucapnya penuh bangga.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Layanan Lembaga Pendidikan Tinggi (LL DIKTI) VII Jawa Timur. Dan Unisma berada di deretan Perguruan Tinggi Kategori Klaster Utama. Prof Junaidi menjelaskan, Unisma yang berada di Peringkat 1 Kategori Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat telah menunjukkan kinerja terbaik Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM).

Terutama terkait dengan serapan anggaran dari pemerintah. Termasuk kualitas penelitian dan capaian luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Capaian dan luaran penelitian dosen termasuk menjadi poin, misalnya sampai pada tingkat perolehan Paten atau HAKI,” ungkapnya.

Kategori kedua, yakni Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Pada kategori ini Unisma berada di peringkat kedua. Diantaranya, dinilai dari keaktifannya dalam program pertukaran pelajar. Baik mahasiswa Unisma yang keluar atau mahasiswa luar yang masuk ke Unisma. “Semakin banyak mahasiswa yang terlibat dalam MBKM maka semakin tinggi skornya,” imbuhnya.

Selain itu, Unisma menjadi Terbaik 3 Kategori Perguruan Tinggi Berprestasi di Bidang Kemahasiswaan. Seperti pengembangan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), capaian kejuaraan mahasiswa dan sebagainya. Selain ketiga penilaian tersebut, ada penilaian kepemimpinan rektor.

Dalam hal ini dibagi menjadi tiga kriteria. Yani pimpinan perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa di atas 10 ribu, pimpinan perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa 3000 sampai 10 ribu dan pimpinan perguruan tinggi dengan mahasiswa di bawah 3000.
“Pengajuan kategori ini sekitar Februari 2024. Saat itu Rektor Unisma masih Prof. Dr. Maskuri, M.Si. Alhamdulillah, Rekor Unisma (saat itu) menjadi rektor terbaik untuk kategori mahasiswa di atas 10 ribu,” ungkapnya.

Menurut Prof Junaidi yang kini menjadi Rektor Unisma, setiap capaian menjadi titik tumpu untuk semakin meningkatkan mutu dan kualitas. Setiap tahun prestasi Unisma semakin meningkat. Seperti penghargaan yang dicapai tahun ini, lebih baik dari sebelumnya yang hanya mendapat satu kategori penghargaan. “Yang jelas adalah capaian yang kita dapatkan semakin memantapkan langkah Unisma untuk menjadi World Class University,” pungkasnya. (r/*)



RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments