spot_img
Senin, September 16, 2024
spot_img
BerandaEKONOMILintasan Sirkuit Mandalika Dicuci Bersih, Sebelum Pembalap MotoGP Berlaga

Lintasan Sirkuit Mandalika Dicuci Bersih, Sebelum Pembalap MotoGP Berlaga

Mataram (suarantb.com) – Jelang balapan MotoGP Mandalika 2024, lintasan Pertamina Mandalika International Circuit mulai dibersihkan, setidaknya ada tiga kendaraan road sweeper yang diterjunkan.

Pembersihan lintasan Sirkuit Mandalika ini sudah dilakukan sejak Rabu, 4 September 2024, ditargetkan tuntas sebelum dilakukan homologasi oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).

Direktur utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menjelaskan, pembersihan lintasan ini rutin dilakukan sebelum dan sesudah dipakai balapan, terutama menjelang penyelenggaraan MotoGP.

“Kita menerjunkan tiga unit kendaraan untuk membersihkan lintasan sirkuit, dua diantaranya kita datangkan langsung dari Surabaya, satunya lagi merupakan kendaraan hasil modifikasian sendiri,” jelas Priandhi, Jumat, 6 September 2024.

Priandhi menjelaskan, tiga kendaraan Road Sweeper ini memilki fungsi yang berbeda-beda. Kendaraan pertama memiliki fungsi untuk menyemprotkan dan menyikat lintasan.

Kendaraan kedua, berfungsi untuk menyikat dan menyedot kotoran yang berhasil disikat oleh kendaraan pertama.

Kendaraan ketiga memeliki lobang air bertekanan tinggi, berfungsi untuk menyemprotkan air untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang lolos dari mobil pertama dan kedua.

“Ini menjadi salah satu syarat untuk lolosnya homologasi oleh FIM, agar diterima oleh Dorna untuk penyelenggaraan MotoGP,” kata Priandhi.

“Diperkirakan, FIM akan melakukan Homologasi minggu depan, atara hari Rabu atau hari Kamis, untuk itu sebelum hari itu, pembersihan lintasan sudah beres,” tambahnya.

Dijelaskan, saat Homologasi dilakukan, FIM akan memeriksa semua sisi lintasan, hingga sisi yang tekecil.

Permukaan sirkuit dan run off akan menjadi poin utama pemeriksaan yang dilakukan oleh FIM saat dilakukan homologasi.

“Kalau permukaan lintasan licin kerana ada butiran pasir, kotor, masih ada bekas ceceran oli setelah dibersihkan, itu tidak akan diterima oleh Dorna dan dapat menggalakan penyelenggaraan MotoGP disetiap sirkuit yang akan dipakai, termasuk Sirkuit Mandalika ini,” imbuhnya.

Untuk itu, sebelum dilakukan Homologasi, lintasan dibersihkan secara maksimal, agar tidak ada lagi kotoran yang menempel dilintasan.

“Selama beberapa hari ini kita akan melakukan pembersihan berulang-ulang kali hingga lintasan sirkuit benar-benar bersih, sehingga bisa lolos homologasi oleh FIM, dan MotoGP dapat berlangsung di Sirkuit Mandalika,” pungkansya.(bul)



RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments