spot_img
Selasa, September 17, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANMeriahkan Hari Pahlawan Nasional, IKA MT AL-Kahfi FKIP Unram Gelar Olimpiade Matematika

Meriahkan Hari Pahlawan Nasional, IKA MT AL-Kahfi FKIP Unram Gelar Olimpiade Matematika

Mataram (Suara NTB)- Ikatan Keluarga Alumni Majelis Ta’lim Al-Kahfi bekerjasama dengan MT Al-Kahfi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram menggelar Lomba Olimpiade Matematika (LOM) ke II tingkat SD/MI Se- Pulau Lombok.

Pelaksanaan LOM ini, dalam rangka menyambut dan memeriahkan hari Pahlawan Nasional (HPN) yang dilaksanakan tanggal 10 dan 17 November 2024 mendatang.

“Alhamdulillah, setelah kami sukses melaksanakan LOM pertama yang diikuti siswa/i SD/MI se Lombok Barat dan Kota Mataram tahun 2023 lalu, kali ini kami akan melaksanakan LOM ke II Se-Pulau Lombok dengan target seribu peserta, ” Kata Ketua Panitia Hanan Yusron S.Pd sekaligus menjabat Ketu IKA MT AL-KAHFI FKIP UNRAM kepada Suara NTB.

Target peserta seribu ini bukan tanpa alasan. Sebab jumlah SD/MI se-Pulau Lombok sebanyak 2000 lebih satuan pendidikan. Hal ini, diasumsikan jika nantinya masing-masing mengirim satu perwakilan mengikuti LOM ini maka 2000 lebih yang mengikuti kegiatan ini.

‘’Kita berharap nantinya anak-anak yang keluar sebagai juara dalam LOM ke II ini ada yang melirik untuk diberikan beasiswa atau hadiah2 lainnya,’’ ucapnya.

Untuk diketahui, bahwa Alumni MT Al-Kahfi sudah menyebar di setiap kabupaten/Kota di NTB. Di Lotim misalnya langsung bisa mendaftar disana begitupun di Lombok Tengah dst. Khusus untuk Lombok Barat dan Lombok Utara digabung di Mataram.

‘’Kalau pesertanya 1000 misalnya, maka kita akan pecah lombanya di hari yang sama. Misalnya 300 di Mataram, begitupun di Loteng 300 dan sisanya di Lotim mengadakan LOM ke II diwaktu yang sama,’’ Terangnya.

Dipaparkan lebih jauh, bahwa lomba seperti ini yang penting adalah pengawasannya setelah itu, dikoreksi oleh juri yang berkompeten dibidangnya.

Selain itu, marwah mengadakan LOM ini dikarenakan ada pengurus inti MT Al-Kahfi tahun ini pernah mendapatkan juara 3 Olimpiade Matematika Nasional di Jakarta sekaligus menjadi dewan juri langsung dalam LOM II ini.

‘’Makanya, kita berani pertanggungjawabkan hasil koreksi, penilian dalam LOM ke II ini untuk jenjang SD/MI se-Pulau Lombok,’’ Terangnya.

Menurutnya, kategori yang akan mengikuti LOM II ini yakni semua murid kelas IV, V dan VI, SD/MI se-Pulau Lombok satu level. Atas dasar itu, pihaknya mengajak kepada satuan pendidikan untuk segera mendaftarkan murid-murid terbaiknya diajang ini.

‘’Pendaftaran kita tutup 1 November 2024. Lalu tanggal 3 Nopember akan diadakan Tehnical Meeting di kampus tercinta FKIP Unram. Untuk itu, pihaknya mengajak kepada SD/MI se-Pulau Lombok untuk segera mendaftar di link yang sudah disiapkan yakni bit.ly/LOMdua2024, di link tersebut selain daftar online bisa juga download panduan LOM2, surat undangan, brosur dan contoh soal LOM1 tahun lalu,’’ tandasnya.(r)



RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO

Recent Comments