spot_img
Kamis, September 19, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANPengutamaan Bahasa Negara, Pemkot Mataram Dukung Kantor Bahasa NTB

Pengutamaan Bahasa Negara, Pemkot Mataram Dukung Kantor Bahasa NTB

Mataram (Suara NTB) –  Kepala Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Puji Retno Hardiningtyas melakukan kunjungan ke Kantor Wali Kota Mataram, Senin, 9 September 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan koordinasi penguatan kegiatan Penghargaan Pengutamaan Bahasa Negara dan Tata Naskah Dinas. Pertemuan ini diinisiasi oleh Bagian Organisasi, Sekretariat Daerah Kota Mataram.

Puji Retno Hardiningtyas bersama tim diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Mataram, Lalu Alwan Basri. Dalam kesempatan ini, ia menuturkan Kantor Bahasa NTB memiliki tugas dan fungsi melaksanakan pemasyarakatan dan pelindungan bahasa dan sastra. Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbudristek, Kantor Bahasa NTB memiliki program pembinaan 45 lembaga, yaitu berupa pengutamaan bahasa negara di ruang publik dan tata naskah dinas.

“Kami terlibat mendampingi Peraturan Wali Kota Tahun 2024 tentang Tata Naskah Dinas sampai akhir. Hal ini merupakan upaya kami dalam melakukan pembinaan lembaga. Tanggal 10 September 2024 ini, kami melaksanakan kegiatan Penghargaan Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik dan Tata Naskah Dinas. Ada 15 lembaga yang kami berikan penghargaan atas kontribusi dalam menggaungkan Trigatra Bangun Bahasa, yaitu Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing. Pemerintah Kota Mataram telah melaksanakan kegiatan tata naskah dinas, tinggal kami mendampingi penertiban penggunaan bahasa di ruang publik,” papar Puji Retno.

Lalu Alwan Basri menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Kantor Bahasa Provinsi NTB. Sekda merasa ketika ada tata naskah yang tidak sesuai, tim pasti akan mencermati kembali agar sesuai peraturan tata naskah dinas.

“Semisal, ada surat yang logonya tidak sesuai atau tidak berwarna, saya pasti akan kembalikan lagi. Kami didampingi tata naskah dinas, tentu hal ini sangat penting, terutama penggunaan bahasa naskah dinas tertulis. Selanjutnya, apapun program Kantor Bahasa NTB, kami siap memfasilitasi program yang ada,” imbuhnya.

Penjelasan dari Sekda Kota Mataram diperkuat juga oleh Baiq Yulia, Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Mataram. Ia menerangkan program pendampingan penulisan papan nama di Kantor Wali Kota Lantai 1 bisa dilaksanakan bersama dengan Kantor Bahasa NTB. Komitmen dan dukungan dari Pemerintah Kota Mataram menjadi nilai tambah pelaksanaan program pengutamaan bahasa negara dan tata naskah dinas. (ron)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO