spot_img
Rabu, September 18, 2024
spot_img
BerandaNTBSUMBAWAPeserta Sail Indonesia Mulai Berlabuh di Pantai Gelora

Peserta Sail Indonesia Mulai Berlabuh di Pantai Gelora

Sumbawa Besar (Suara NTB)- Belasan peserta Sail to Indonesia dari sejumlah negara mulai berlabuh di pantai Gelora, Kecamatan Rhee, Kabupaten Sumbawa, jelang pelaksanaan event tahunan, Jumat 13 september 2024

“Jadi, berdasarkan data yang masuk kapal yang sudah berlabuh di pantai Gelora baru 7, enam masih perjalanan sisanya besok baru akan tiba,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disparpora), Dr. Dedy Heriwibowo, Jumat 13 september 2024

Dedi menyebutkan, adapun peserta sail yang terkonfirmasi di pantai Gelora berasal dari Australia, London, Canada, dan Belanda. Sementara sisanya diperkirakan besok pagi (hari ini, red) sudah berada di Gelora.

“Semuanya (50 kapal layar) diperkirakan masuk besok (hari ini, red) di pantai Gelora mulai pagi hari hingga siang. Sementara untuk pembukaan (opening ceremony) kita jadwalkan pukul 16.00 wita,” ucapnya.

Dia melanjutkan, untuk agenda hari ini 15 orang peserta Sail sudah diajak untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata budaya salah satunya istana dalam loka. Selain dalam loka, sejumlah destinasi wisata unggulan lainnya juga disiapkan.

“15 orang yang sudah tiba hari ini, mereka sudah diajak ke heritage untuk tour, seperti dalam loka dan destinasi wisata budaya lainnya,” ucapnya.

Sementara untuk tamu dari Kementerian, Dedy mengaku yang sudah terkonfirmasi hadir dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Pekerjaan Umum Penataan Ruang (Kemen PUPR).

“Kalau tamu dari pusat terkonfirmasi dari KKP dan Kementerian PU, sementara untuk Kemenparekraf kami belum terima konfirmasinya,” sebutnya.

Dia melanjutkan, selain destinasi wisata baru (pantai Gelora), pihaknya juga menyiapkan destinasi wisata lainnya. Bahkan ada dua ikon Sumbawa yang diminati peserta Sail rally tahun lalu yakni wisata hiu paus dan karapan kerbau.

“Di destinasi wisata hiu paus juga masih terus ditata salahnya keberadaan dermaga apung yang representatif untuk memudahkan akses para wisatawan,” tukasnya. (ils)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO