spot_img
Kamis, September 19, 2024
spot_img
BerandaNTBLOMBOK BARATTim Pemkab Lobar Turun Sidak, Antisipasi Gejolak Harga Hadapi Maulid

Tim Pemkab Lobar Turun Sidak, Antisipasi Gejolak Harga Hadapi Maulid

Giri Menang (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan inspeksi mendadak (sidak) pasar dan gudang distributor. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu Rabu 11 September dan Kamis 12 September 2024. Langkah ini untuk mengantisipasi gejolak harga selama perayaan Hari Besar Maulid.

Hadir dalam sidak ke pasar gerung dan gudang distributor di hari pertama ini Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) H. Maksum, Kabag Ekonomi, beserta anggota TPID Lobar.

Kepala Dinas Perindag Lobar H. Maksum mengatakan, sidak ini dilaksanakan untuk mengantisipasi kenaikan harga jelang pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Hal ini untuk mengetahui harga di pasar serta ketersedian stok bahan pokok jelang maulid nabi.

“Tentu kita di TPID terus melakukan pemantauan harga agar tidak terjadi inflasi khususnya menjelang pelaksanaan hari besar keagamaan seperti maulid nabi,” ujarnya.

Maksum menambahkan saat menjelang hari besar keagamaan harga-harga cenderung naik. Hal ini disebabkan ketersediaan stok yang terbatas, sementara permintaan sangat banyak. Karenanya TPID melakukan pemantauan dan antisipasi agar stok kebutuhan pokok terjamin di gudang distributor. Hal ini agar tidak terjadi kelangkaan pasokan yang berpotensi menyebabkan kenaikan harga.

Ia berharap melalui kegiatan sidak ini stok kebutuhan pokok dapat terjamin jelang Maulid Nabi, sehingga harga-harga tidak melonjak terlalu tinggi dan tidak menyebabkan inflasi. “Tentu kami berharap agar inflasi dapat terus terkendali dan tentu membutuhkan langkah-langkah mitigasi dan strategis. Salah satunya melalui sidak pasar dan operasi pangan murah,” ujarnya.

Sidak pasar kali ini menyasar beberapa pasar tradisional yang ada di Kabupaten Lobar, termasuk juga Gudang Bulog, Gudang Alfamart, dan Gudang Jembatan Baru. Selain melakukan sidak pasar, TPID juga melakukan sejumlah kegiatan seperti Operasi Pasar dan Gerakan Pasar Murah. Hal ini dilakukan untuk mengendalikan inflasi di Lobar. (her)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO