spot_img
Jumat, September 27, 2024
spot_img
BerandaHEADLINEBerharap Penuh saat Puncak MotoGP, Pesanan Kamar Homestay di Lingkar Sirkuit Baru...

Berharap Penuh saat Puncak MotoGP, Pesanan Kamar Homestay di Lingkar Sirkuit Baru 65 Persen

Mataram (Suara NTB) – Jumat, 27 September 2024, event MotoGP dimulai. Pembalap MotoGP, Moto3 dan Moto2 sudah mulai mencoba lintasan sirkuit sebelum akhirnya memasuki puncak pertandingan, Minggu, 29 September 2024. Meski demikian, belum semua akomodasi penginapan, khususnya homestay sudah dipesan (booking).

Ketua Indonesian Homestay Association (IHSA) Provinsi NTB Aziz Junaidi, mengakui hingga Kamis, 26 September 2024, persentase kamar homestay yang sudah dipesan di lingkar atau kawasan Mandalika sebesar 65 persen. Pihaknya yakin pada puncak pelaksanaan MotoGP, kamar-kamar homestay di kawasan Mandalika akan penuh terisi.

“Itu di lingkar sirkuit. Kalau di luar lingkar sirkuit, jumlah pesanan kamar homestay baru 30 persen,” ujarnya saat dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 26 September 2024.

Diakuinya belum penuhnya pesanan kamar homestay di kawasan Mandalika akibat minimnya promosi pariwisata ke luar daerah. Pihaknya mengharapkan dalam penyelenggaraan event MotoGP berikutnya, pengelola homestay diajak ikut promosi, sehingga saat ada event, kamar hotel atau homestay di kawasan Mandalika penuh terisi.

Aziz mengakui jika pada event MotoGP sebelumnya, pihaknya diajak Dinas Pariwisata Provinsi NTB melakukan promosi pariwisata ke luar daerah. Dari hasil promosi yang dilakukan itu, ujarnya, sebelum event MotoGP digelar, kamar hotel dan homestay di kawasan Mandalika sudah full booking. “Itu yang kami harapkan. Pada event tahun berikutnya, jika ada promosi ke luar daerah, kami (IHSA, red) bisa diajak,” sarannya.

Sebelumnya Ketua Mandalika Hotel Association (MHA) Samsul Bahri menegaskan hotel -hotel di kawasan Mandalika sudah full booking. Menurutnya, hotel -hotel yang ada di kawasan Mandalika diperuntukkan bagi kru, pembalap dan panitia penyelenggara MotoGP. Mereka sudah memesan kamar sejak beberapa minggu sebelum event digelar. Bahkan ada yang pesan kamar selama 10 malam hingga 15 malam.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat atau penggemar MotoGP mencari hotel di luar kawasan Mandalika atau mencari alternatif penginapan lain, seperti homestay dan rumah warga. (ham)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO