spot_img
Rabu, Oktober 2, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANGelar Wisuda Ke-XXV, STP Mataram Hasilkan Lulusan Berkualitas untuk Industri Pariwisata

Gelar Wisuda Ke-XXV, STP Mataram Hasilkan Lulusan Berkualitas untuk Industri Pariwisata

Mataram (Suara NTB) – Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram menggelar Wisuda ke-XXV dan Pelepasan Program Satu Tahun Pusdiklat Tyatama Mataram, di Hotel Lombok Vaganza pada Selasa, 1 Oktober 2024. STP Mataram berhasil menghasilkan lulusan yang berkualitas untuk industri pariwisata, termasuk penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai guru pariwisata di berbagai SMK.

STP Mataram mewisuda 201 orang yang terdiri atas Program 1 Tahun sebanyak 21 orang, Program D-III Perhotelan sebanyak 33 orang, program D-III UPW sebanyak 21 orang, dan Prodi S1 Pariwisata sebanyak 126 orang. Acara wisuda ke-XXV ini juga dihadiri Penjabat (Pj.) Gubernur NTB, Hassanudin yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaludin Malady.

Ketua STP Mataram, Halus Mandala.(Suara NTB/ron)

Ketua STP Mataram, Dr. Halus Mandala, M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan, dari para wisudawan tersebut, sebanyak 123 orang, termasuk enam orang sebagai owner telah diterima bekerja sebelum diwisuda. Totalnya sebesar 61 persen dari jumlah lulusan sudah bekerja saat ini. Jumlah ini meningkat dari rata-rata 35 persen telah bekerja saat wisuda setiap tahunnya.

“Untuk maklum, beberapa di antara mereka tidak bisa menghadiri wisuda hari ini, karena telah berangkat dan sedang bekerja di luar negeri. Sebagian wisudawan juga belum mengisi formulir tentang tempat bekerja,” ujar Halus Mandala.

Para wisudawan berdiri saat diwisuda oleh Ketua STP Mataram, Halus Mandala.(Suara NTB/ron)

Dengan demikian, sejak berdiri tahun 1996 hingga pelaksanaan wisuda ke-25, STP Mataram telah meluluskan 3.939 orang. Mereka telah bekerja di berbagai bidang, sebagai ASN, karyawan hotel, sebagai Chef, Barista, dll. di antaranya telah menduduki posisi penting sebagai GM & Manajer Hotel.

Saat ini, STP Mataram mewisuda 37 orang calon guru Pariwisata dari 40 mahasiswa yang diusulkan oleh SMK-SMK se-NTB atas biaya penuh dari Yayasan STP Mataram. Jumlah dana yang dikeluarkan selama empat tahun terakhir sebesar Rp2 miliar lebih untuk beasiswa dimaksud.

Ketua STP Mataram Halus Mandala, Kepala Dinas Pariwisata NTB, dan unsur pimpinan dan senat STP Mataram.(Suara NTB/ron)

Halus Mandala secara simbolis menyerahkan data calon guru pariwisata itu kepada Pj. Gubernur NTB yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata NTB.  Pada kesempatan itu juga diserahkan hadiah Lomba Video Pendek Nasional dengan Piala Bergilir Ketua STP Mataram. Ketua STP Mataram juga menyerahkan penghargaan kepada wisudawan terbaik dan wisudawan berprestasi yang didampingi orang tua masing-masing wisudawan.

STP Mataram berperan aktif dalam mewujudkan perkembangan Pariwisata NTB. STP Mataram sebelum Covid-19, telah aktif menjadi sekretaris dan anggota Badan Promosi Pariwisata Daerah NTB selama tiga periode berturut-turut. Peran lain STP Mataram tergabung dalam Tim Pendamping dan Narasumber Nasional di bawah Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif untuk membina Desa Wisata seluruh Indonesia, yakni Dr. Sri Susanty, M.Par., (Doktor Pariwisata Perempuan pertama di NTB) dan I Wayan Bratayasa, M.Par. sebagai pendamping Desa Wisata Bonjeruk.

Ketua STP Mataram, Halus Mandala berfoto bersama wisudawan terbaik dan berprestasi yang didampingi orang tua/wali.(Suara NTB/ron)

STP Mataram masih eksis menjadi penyelenggara MICE dengan venue 2 meeting room, 2 ballroom, dan 20 room Hotel Lombok Vaganza, dan bahkan secara rutin sebagai venue acara-acara wedding, serta beberapa mahasiswa berperan aktif dalam penyelenggaraan MotoGP 27-29 September 2024 yang baru lalu.

Halus menjelaskan, di bidang Kerja sama, pihaknya menjalin kemitraan Luar Negeri, seperti Univ. Utara Malaysia, Univ. Sains Malaysia untuk pertukaran dosen tamu & pertukaran mahasiswa dengan menampilkan seni dan budaya masing-masing, PT JACCES, PT Sanjaya Thanry Bahtera, dan PT Granada Internasional untuk pengiriman mahasiswa ke Luar Negeri dengan tujuan mengikuti internship di beberapa hotel di Jepang. Serta berbagai kemitraan dalam negeri. Berbagai kerja sama itu berdampak positif bagi Indikator Kinerja Utama (IKU) 6.

Ketua STP Mataram, Halus Mandala berfoto bersama siswa yang meraih juara Lomba Video Pendek Nasional.(Suara NTB/ron)

“Dari hasil kerja sama itu, STP Mataram menduduki peringkat 5 untuk IKU 6 terbaik Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Bali dan NTB,” ujar Halus Mandala.

Halus juga menyampaikan, sebagai Ketua STP Mataram, Pusdiklat Tyatama Mataram, dan Badan Penyelenggara STP Mataram mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bekerja sama dengan baik, membantu dengan tulus seluruh proses penyelenggaraan pendidikan di STP Mataram sampai terlaksananya upacara wisuda.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaludin Malady mengatakan, atas nama Pemprov NTB, mengucapkan selamat dan apresiasi tinggi kepada civitas akademika STP Mataram yang kembali melahirkan sarjana untuk menguatkan kuantitas dan kualitas SDM NTB. “Ucapan selamat dan sukses kepada wisudawan dan wisudawati yang sukses menyelesaikan studinya dengan baik,” ujarnya.

Acara wisuda itu dihadiri perwakilan Kepala LLDikti Wilayah VIII, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota, para pimpinan asosiasi pariwisata, kepala perbankan Kota Mataram, kepala SMK se-Pulau Lombok, para wisudawan, dan para orang tua/wali wisudawan, serta civitas akademika STP Mataram. (ron/*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO