spot_img
Rabu, Oktober 2, 2024
spot_img
BerandaEKONOMIRATIONAL: Inovasi PLN NTB Pastikan Kelistrikan MotoGP Mandalika 2024 Tetap Stabil Tanpa...

RATIONAL: Inovasi PLN NTB Pastikan Kelistrikan MotoGP Mandalika 2024 Tetap Stabil Tanpa Kedip

Praya (Suara NTB) – PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Barat kembali menorehkan prestasi dalam menjaga keandalan suplai listrik selama perhelatan akbar MotoGP Mandalika 2024. Melalui inovasi RATIONAL (Realtime Monitoring Electric Grid Dashboard for Event National/International), PLN sukses memastikan kelistrikan di Sirkuit Mandalika stabil tanpa gangguan sedikit pun sepanjang acara.

RATIONAL merupakan dashboard berbasis data yang secara realtime memvisualisasikan kondisi kelistrikan dari berbagai titik krusial di sirkuit. Dengan teknologi ini, PLN dapat memantau dan mengolah data pembebanan listrik secara langsung, memungkinkan penanganan cepat terhadap potensi gangguan. Sistem ini dilengkapi dengan autorefresh setiap 10 detik, memberikan informasi terkini yang sangat diperlukan dalam event besar seperti MotoGP.

“RATIONAL memungkinkan kami untuk memantau situasi kelistrikan secara online dan memberikan respons yang cepat jika diperlukan. Berkat inovasi ini, kelistrikan di Mandalika tetap stabil dan MotoGP 2024 berjalan tanpa kedip,” ungkap Sudjarwo, General Manager PLN UIW NTB.

Sistem ini juga dilengkapi perangkat Data Logger di lokasi strategis yang merekam lebih dari dua juta data setiap 2 hingga 10 detik, menjadikannya alat yang sangat andal. Dengan tingkat downtime di bawah 1%, RATIONAL memberikan kecepatan dan akurasi tinggi dalam menjaga keandalan listrik selama dua hari penuh penyelenggaraan MotoGP 2024.

Selain itu, PLN menerapkan skema Zero Down Time (ZDT) di 18 venue utama dengan menggunakan UPS sebagai sumber daya utama, didukung oleh genset cadangan. Skema ini memastikan suplai listrik tetap stabil meski terjadi gangguan teknis. “Teknologi RATIONAL dan skema ZDT adalah kunci di balik keberhasilan ini. Tidak ada kendala kelistrikan yang mengganggu jalannya balapan, sehingga MotoGP Mandalika 2024 berjalan lancar tanpa kedip,” tambah Sudjarwo.

RATIONAL terbukti efektif tidak hanya di MotoGP 2024, tetapi juga dalam event-event besar lainnya seperti KTT ASEAN 2023, MXGP, Peringatan Kemerdekaan di IKN, dan PON Sumut-Aceh 2024. Dengan inovasi ini, PLN terus berkomitmen mendukung penyelenggaraan acara nasional dan internasional tanpa gangguan kelistrikan.

Pada ajang MotoGP Mandalika 2024 ini, sebanyak 194 personel PLN dikerahkan untuk memastikan kelistrikan berjalan dengan baik. “Kami sangat bangga bisa berkontribusi dalam menjaga citra positif Indonesia di mata dunia melalui keandalan kelistrikan,” pungkas Sudjarwo.

PLN sekali lagi membuktikan komitmennya dalam menjaga stabilitas listrik, memastikan Mandalika dan Indonesia tetap bercahaya di kancah dunia.(bul)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO