spot_img
Selasa, Oktober 8, 2024
spot_img
BerandaNTBLOMBOK BARATBerupaya Beri Pelayanan Prima

Berupaya Beri Pelayanan Prima

RSUD Patut Patuh Patju (Tripat) Lombok Barat berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan berbagai inovasi dan keunggulan layanan yang dibukanya. Salah satunya Poliklinik (poli) Saraf yang cukup ramai pengunjung setiap harinya. Dilengkapi dua orang dokter spesialis, poli Saraf berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada warga masyarakat khususnya para pasien saraf.

Dokter Spesialis Saraf RSUD Tripat Lobar, dr Ni Nyoman Ayu Susilawati., M.Biomed.,Sp.N(K) mengatakan pelayanan saraf sama seperti Poliklinik yang lain. Terdiri dari pelayanan rawat inap dan dan rawat jalan, serta pemeriksaan listrik otak (EEG). Setiap harinya, jumlah pasien yang berkunjung ke poli saraf lumayan ramai mencapai di atas 20 orang sampai lebih dari 50 orang.

Dalam penanganan pasien saraf ini, kadang dapat disertai beberapa gejala sisa seperti lemah anggota gerak, sulit bicara. Dan untuk kesembuhan pasien tergantung juga dari kepatuhan pasien dalam konsumsi obat dan kontrol ke rumah sakit.

Diakuinya, masih banyak pelayanan saraf yang perlu dilengkapi akibat keterbatasan alat di poliklinik. Pelayanan yang dapat menjadi primadona seperti Nerurestorasi dengan memakai alat seperti TMS (Transmagnetic Stimulation) atau alat untuk stimulasi otak yang bisa digunakan sebagai alternatif bagi berbagai kasus saraf ingin dikembangkan.

‘’Sebenarnya kalau alat ini ada, banyak layanan alternatif penanganan gejala sisa ini bisa disediakan kepada pasien. Sehingga pelayanan poli saraf menjadi optimal dan paripurna. Alat ini sudah banyak digunakan di daerah maju seperti Jakarta dan dapat menjadi terapi dan peluang pelayanan yang bisa dikembangkan ke depannya,’’ ujarnya.

Meskipun tenaga terlatih sudah dimiliki rumah sakit tetapi masih terkendala pengadaan alat penunjang bagi pengembangan pelayanan poliklinik Neurorestorasi Saraf di RSUD Tripat.

Menurutnya ketersediaan alat ini akan banyak membantu penanganan maksimal pasien saraf di rumah sakit ini dan dapat menjadi salah satu keunggulan RSUD Tripat yang tak dimiliki rumah sakit lain. Harapan di masa yang akan datang RS Tripat dapat menjaring semua pasien yang membutuhkan jenis layanan TMS agar bisa di Rumah Sakit Tripat tanpa ke rumah sakit luar daerah seperti Jakarta, Surabaya, Solo dan Makassar.

“Kalau ini bisa jadi layanan unggulan RSUD Tripat dapat menjadi RS terdepan di NTB karena tidak semua tempat ada,”harapnya. (her)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO