spot_img
Rabu, Oktober 23, 2024
spot_img
BerandaHEADLINEPenambahan Fasilitas Mendesak, Penumpang Kapal Cepat Dermaga Senggigi Naik Signifikan

Penambahan Fasilitas Mendesak, Penumpang Kapal Cepat Dermaga Senggigi Naik Signifikan

Giri Menang (Suara NTB) – Penumpang kapal cepat rute Padangbai ke Dermaga Senggigi, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat cukup tinggi. Hingga bulan ini September, terdapat puluhan ribu penumpang turun maupun naik atau berangkat dari dermaga cicak tersebut. Dimana tiap bulannya, ratusan penumpang yang melalui pelabuhan ini.

Adanya penumpang kapal cepat ini menambah ramai kawasan wisata tersebut. Dari data laporan turun naik penumpang yang tercatat di UPT Pelabuhan Senggigi, hingga bulan September total penumpang yang  melalui Dermaga Sengigigi, baik yang turun dan naik mencapai 36.701 orang. Terdiri dari penumpang yang naik sebanyak 16.127 orang dan yang turun 20.574 orang. Dimana penumpang yang naik tiap bulannya mencapai kisaran 790 hingga 3.579 orang.

Kalau dilihat jumlah penumpang per bulannya, Agustus tertinggi mencapai 3.579 orang. Jumlah Penumpang yang turun di dermaga Senggigi jauh lebih besar dengan total 20 ribu orang lebih. Kalau dilihat per bulannya kisarannya 1.111 orang dan pada bulan Agustus dengan jumlah penumpang tertinggi dibanding bulan lainnya. Kemudian dilihat dari jumlah operasional penyebrangan mencapai 148 pelayanan. Dengan kisaran pelayanan penyebarangan 13-20 pelayaran.

Sekdis Perhubungan, Lobar Fathurrahman mengatakan, bahwa penumpang di dermaga Senggigi naik signifikan. Sehingga kedepannya dermaga Sengigigi ini jadi gate utama, termasuk melayani ke rute Sekotong.

“Memang Signifikan penumpangnya, Kita rencanakan jadikan gate utama,”ujarnya. Lebih lanjut dikatakan, terkait renovasi dermaga ini, pihaknya tentu berharap, karena soal ini sudah  disampaikan ke pimpinan dalam hal ini Pj Bupati. Desain dermaga ini sedang dalam proses.

“Kita akan kembangkan dermaga, tambah ruang tunggu, penataan kawasan pelabuhan,”imbuhnya. Renovasi atau penambahan dermaga ini diharapkan bisa selesai diawal tahun, sehingga bisa menangkap tamu pada saat high season. Rencananya penanganan dermaga dilakukan bertahap, mulai tahun 2025. Dan rencana sudah masuk di RPJMD dengan kebutuhan anggaran total mencapai Rp30 miliar. (Her)

IKLAN

spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO