spot_img
Selasa, Oktober 15, 2024
spot_img
BerandaNTBLOMBOK TENGAHTahun Ini, Penumpang Pesawat Udara di BIZAM Diprediksi Tembus Dua Juta Orang

Tahun Ini, Penumpang Pesawat Udara di BIZAM Diprediksi Tembus Dua Juta Orang

Praya (Suara NTB) – Pergerakan penumpang pesawat udara di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) selama tahun 2024 ini terus menunjukkan tren positif. Di mana hingga bulan September 2024, jumlah penumpang pesawat udara sudah mencapai 1,79 juta orang. Jika melihat rata-rata penumpang selama satu bulan, sampai akhir tahun 2024 mendatang pergerakan penumpang pesawat udara di BIZAM diprediksi bisa menembus angka 2,3 juta orang.

General Manager PT Angkasa Pura (AP) Indonesia Kantor Cabang Bandara Lombok Barata Singgih Riwahono, Senin, 7 Oktober 2024, menyampaikan secara umum jika dibandingkan dengan kondisi pada tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19 melanda, tingkat pemulihan atau recovery rate penumpang pesawat udara di BIZAM sudha mencapai 86 persen. Di mana pada periode yang sama di tahun 2019 lalu, angka pergerakan penumpangnya sudah di atas 2 juta orang.

Artinya, kondisi pergerakan penumpang pesawat udara di BIZAM sudah mulai mendekati normal. Jika patokannya tahun 2019 sebelum Pandemi Covid-19 terjadi. Bahkan untuk pergerakan kargo sudah di atas angka di tahun 2019. Mencapai 10.193 ton kargo. Sementara di tahun 2019 pada periode Januari-September pergerakan kargonya hanya 7.063. Ada kenaikan hingga 144 persen.

Banyaknya event nasional hingga internasional di daerah ini menjadi pemicu utamanya, positifnya pertumbuhan pergerakan kargo di BIZAM, seperti event MotoGP dan event-event lainnya. “Untuk pergerakan pesawat udara, sudah mencapai 18.946 pergerakan. Berbanding 20.514 pergerakan selama periode Januari-September di tahun 2019 lalu. Dengan recovery rate sebesar 92 persen,” jelasnya.

 Tahun ini pergerakan penumpang tertinggi terjadi pada bulan Juli dan September. Dengan rata-rata 7.700 penumpang per hari. Hal ini dikarenakan pada bulan-bulan tersebut merupakan periode liburan sekolah. Termasuk adanya reaktivasi (pembukaan kembali) rute penerbangan serta pembukaan rute penerbangan baru di BIZAM.

Belum lagi ada event MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Internasional Mandalika di akhir bulan September kembali. Yang juga turut mendorong pergerakan penumpang di BIZAM. Di mana khusus selama periode event MotoGP, rata-rata penumpang harian naik 23 persen dibandingkan di hari biasanya.

“Khusus selama gelaran MotoGP Mandalika 2024, pergerakan penumpang di BIZAM pada 27 hingga 30 September 2024 mencapai 38.054 penumpang atau rata-rata 9.514 penumpang per hari. Tumbuh 23,5 persen dibandingkan dengan rata-rata penumpang harian di bulan September 2024 di angka 7.706 orang,” imbuhnya.

Pihaknya berharap dengan semakin dikenalnya pulau Lombok sebagai destinasi pariwisata dunia, kedepan jumlah wisatawan yang datang ke daerah ini akan semakin ramai dan akan bisa mendorong peningkatan jumlah penumpang pesawat udara di BIZAM, sehingga pergerakan penumpang pesawat udara bisa segera kembali normal. Bahkan bisa jauh lebih baik dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi Covid-19 melanda.

Di BIZAM saat ini melayani konektivitas langsung menuju sepuluh destinasi domestik, mulai dari Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Bima, Sumbawa Besar hingga Makassar. Ada juga rute baru seperti Balikpapan, Semarang, dan Batam dengan tujuh maskapai nasional, yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Super Air Jet, Wings Air dan Pelita Air. Selain itu ada dua rute internasional, Kuala Lumpur dan Singapura yang dilayani oleh maskapai Indonesia AirAsia, AirAsia Berhad, dan Batik Air Malaysia serta Scoot untuk rute Lombok-Singapura. (kir)

IKLAN

spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO