spot_img
Jumat, Oktober 18, 2024
spot_img
BerandaNTBSUMBAWATingkatkan Kesejahteraan Peternak, Pjs Bupati Sumbawa Serahkan 199 Bibit Sapi untuk Peternak

Tingkatkan Kesejahteraan Peternak, Pjs Bupati Sumbawa Serahkan 199 Bibit Sapi untuk Peternak

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Penjabat Bupati Sumbawa, Dr. Najamuddin Amy, menyerahkan 199 ekor sapi bibit betina dengan tinggi 100 sentimeter bagi 26 kelompok peternak penerima bantuan yang tersebar di 10 Kecamatan.

“Tujuan utama dari program bantuan hibah ternak sapi ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengembangkan sektor peternakan, mendukung ketahanan pangan, dan menciptakan kemandirian ekonomi,” kata Doktor Najam, Kamis 17 oktober 2024

Doktor Najam melanjutkan, dengan adanya penambahan jumlah ternak sapi diharapkan bisa meningkatkan populasi ternak secara keseluruhan. Bantuan bibit ini, juga diharapkan adanya peningkatan kualitas genetik sapi sehingga produktivitasnya meningkat.

“Tujuan akhir kita untuk membantu memenuhi kebutuhan dan ketahanan pangan masyarakat di dalam daerah dan mengurangi ketergantungan pada impor, ” tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sumbawa, H. Junaidi mengatakan, 26 kelompok ternak tersebut tersebar di 10 kecamatan. Yakni Batu Lanteh, Empang, Lab. Badas, Lape, Moyo Hilir, Moyo Hulu, Moyo Utara, Sumbawa, kecamatan Tarano dan Unter Iwes.

“Bantuan ini juga tersebar di 21 desa di Kabupaten Sumbawa yang dibiayai dari APBD Kabupaten Sumbawa tahun 2024,” Sebutnya.

Haji Jun memastikan bahwa bantuan Hibah kelompok tani ternak ini telah dilakukan verifikasi CPCL oleh KUPT prokeswan kecamatan. Berdasarkan hasil CPCL, dan kelompok tani ternak ditetapkan melalui SK Bupati Sumbawa Nomor 1564 tahun 2024 sebagai penerima bantuan hibah ternak.

“Jadi, semua proses sudah kita lalui sehingga kami pastikan bantuan ini telah menyalahi aturan yang berlaku, ” tukasnya. (ils)

IKLAN

spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO