spot_img
Sabtu, Oktober 19, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANPenelitian dan Pengabdian Masyarakat di Kawasan Indonesia Timur Harus Dioptimalkan

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Kawasan Indonesia Timur Harus Dioptimalkan

Mataram (Suara NTB)  – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram (LPPM Unram) telah menjalin kerja sama dengan LPPM Universitas Pattimura (Unpatti) dalam sebuah kolaborasi yang bertujuan untuk meningkatkan potensi kawasan pesisir di Indonesia. Kerja sama ini diharapkan dapat mendukung pencapaian ekonomi biru, yang merupakan upaya untuk memanfaatkan sumber daya laut secara berkelanjutan.

Dalam kegiatan ini hadir Kepala LPPM Unram, Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr.; Kepala LPPM Unpatti, Prof. Dr. Melianus Salakory, M.Kes.; Sekretaris LPPM Unram, Prof. Dr. Ir. I Gusti Putu Muliarta Aryana, MP.; dan Dr. Ir. Misbahuddin, ST., MT., IPU. selaku Kepala Pusat Kerja Sama dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) LPPM Unram.

Acara penandatanganan nota kesepahaman berlangsung di Swiss-Belhotel Ambon, pada 10 Oktober 2024 dihadiri Kepala LPPM kedua universitas serta para peneliti dan akademisi. Dalam sambutannya, Kepala LPPM Unram, Sukartono menyatakan kerja sama ini merupakan langkah strategis untuk mengoptimalkan penelitian dan pengabdian masyarakat di wilayah kawasan Indonesia timur.

Kedua lembaga sepakat untuk fokus pada beberapa bidang, termasuk penelitian mengenai pengelolaan sumber daya laut, pemanfaatan teknologi untuk pengembangan industri perikanan, serta peningkatan kapasitas masyarakat pesisir. Selain itu, mereka juga akan melakukan publikasi hasil penelitian secara bersama-sama untuk menyebarluaskan pengetahuan dan praktik terbaik kepada publik.

Kepala LPPM Unram mengungkapkan kolaborasi ini diharapkan dapat menciptakan inovasi yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat pesisir. “Melalui kolaborasi ini, kita ingin memastikan bahwa potensi kawasan pesisir, seperti perikanan tangkap, budidaya lobster dan rumput laut dapat dioptimalkan dari segi ekonomi, tetapi juga dilindungi dan dikelola secara berkelanjutan,” tuturnya.

Rencana aktualisasi kerja sama antara LPPM Unram dengan LPPM Unpatti ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan sumber daya laut, sehingga mereka dapat berkontribusi secara aktif dalam pengembangan ekonomi biru. Dengan adanya inisiatif ini, diharapkan kawasan pesisir Indonesia dapat berkembang menjadi kawasan yang berdaya saing dan berkelanjutan.

Kepala Pusat Kerja Sama dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) LPPM Unram Dr. Ir. Misbahuddin, ST., MT., IPU. menambahkan, dalam upaya mendukung pengembangan kawasan pesisir dan mencapai tujuan ekonomi biru, kami di Unram melihat peluang kolaborasi yang sangat besar antara peneliti kami dan berbagai mitra, termasuk LPPM Universitas Patimura.

“Kolaborasi ini tidak hanya akan memperkuat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, tetapi juga mendorong publikasi hasil yang dapat memberikan dampak nyata bagi pengelolaan sumber daya laut secara berkelanjutan. Kami percaya bahwa sinergi antara akademisi, pemerintah, dan masyarakat adalah kunci untuk mengoptimalkan potensi kawasan pesisir, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut,” sambungnya.

Kedua universitas berkomitmen untuk melakukan evaluasi dan pengembangan berkelanjutan dari program-program yang dihasilkan, guna mencapai tujuan bersama dalam mendukung ekonomi biru di Indonesia. (ron)

IKLAN

spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO