spot_img
Selasa, Oktober 22, 2024
spot_img
BerandaNTBLOMBOK BARATManis Komit Wujudkan Kapal Cepat Sekotong-Nusa Penida

Manis Komit Wujudkan Kapal Cepat Sekotong-Nusa Penida

Giri Menang (Suara NTB) – Pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Lombok Barat (Lobar) Tahun 2024 nomor 3 Hj. Sumiatun dan Ibnu Salim menjadikan salah satu program yang diprioritaskan Pasangan Calon dengan Nomor Urut 03, Hj Sumiatun-Ibnu Salim (Manis). Salah satunya mengembangkan kawasan selatan yakni Sekotong dan Lembar sebagai destinasi wisata utama. Di samping merevitalisasi kawasan Senggigi.

 Cawabup Ibnu Salim mengatakan bahwa untuk pengembangan kawasan wisata di Lobar seperti Senggigi, akan dilakukan revitalisasi. Infrastruktur penunjang akan ditingkatkan, penanganan sampah dan lampu jalannya. “Kita akan bangun konektivitas Senggigi ke Gili-gili di Sekotong, merealisasikan kapal cepat dari Nusa Penida menuju Sekotong,”katanya.

Untuk menunjang konektivitas, pihaknya akan membuka jalur baru dari Lobar dari arah Mataram kemudian ke Kabupaten Lombok Utara. Selain itu perlu diperbanyak event agar kawasan wisata menjadi ramai. Ketika pengunjung ramai, maka hunian hotel akan naik dengan demikian pendapatan dari pajak hotel akan meningkat.

Sementara itu, Abah Muazar Habibie selaku Tim Ahli pasangan calon, Hj Sumiatun-Ibnu Salim, mengatakan khusus sektor pariwisata Lobar, Manis berkomitmen ke depannya mengembangkan objek wisata prioritas dengan berbagai program dan strategi. “Di antaranya pengembangan wilayah pantai selatan Lombok Barat, sebagai obyek wisata baru di Teluk Sepi, Teluk Mekaki, Orong Bukal, Tanjung Penggerah, dan Teluk Blongas, yang memiliki keunikan berupa karang atol dan menyajikan pengalaman berwisata yang unik,” kata Abah Muazar Habibie, Senin, 21 Oktober 2024.

 Pasangan MANIS juga akan membangun dan memulai rintisan objek dan atraksi wisata berbasis hutan, pesisir dan alam pedesaan. Selain itu, akan menambah objek wisata dengan pengalaman berwisata menyenangkan di desa. Dengan strategi menetapkan 20 desa wisata baru, setelah pemetaan dan diferensiasi kekhasan alam perdesaan, pelatihan kelompok masyarakat di desa, pemberdayaan aksesibilitas yang siap digunakan.

 Berkaitan dengan kawasan Pantai Senggigi, pasangan Manis telah menyiapkan langkah-langkah revitalisasi kawasan Senggigi dalam Visi Misi dan Program Aksi. Hal ini untuk menjadikan Senggigi kembali berjaya sebagai destinasi utama pilihan wisatawan, melalui upaya yang salah satunya, menjaga kebersihan destinasi dengan memperbanyak tempat sampah terpilah.

 Disusul dengan TPS dan TPA untuk wilayah bagian utara Lombok Barat, serta menyiapkan petugas kebersihan yang siaga selama 16 jam.“Penambahan toilet umum yang selalu bersih, ketersediaan air dan petugas kebersihan yang selalu siaga selama 16 jam,” imbuhnya.

Dilanjutkan dengan penambahan Penanganan Jalan Umum menggunakan tenaga panel surya (Tenaga Matahari). Dengan melakukan pemeliharaan, penggantian baterai, dan perawatan bagi panel surya PJU yang ada, agar tetap berfungsi dan masa penggunaannya lebih lama serta berkelanjutan. (her)

IKLAN

spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO