spot_img
Rabu, Oktober 23, 2024
spot_img
BerandaNTBSUMBAWA BARAT167 Formasi PPPK di KSB Tanpa Pelamar

167 Formasi PPPK di KSB Tanpa Pelamar

Taliwang (Suara NTB) – Sebanyak 167 dari 2.647 formasi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024 di Kabupaten Sumbawa Barat dipastikan lowong. Ratusan formasi itu hingga penutupan pendaftaran tanggal 20 Oktober lalu, tidak ada pelamarnya.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KSB, berikut rincian ratusan formasi tanpa pelamar itu. Pada tenaga teknis terdapat sebanyak 122 formasi, tenaga kesehatan 25 formasi dan tenaga guru sebanyak 20 formasi.

Kepala BKPSDM KSB, Mulyadi mengatakan, ada dua penyebab terjadinya formasi tanpa pelamar para penerimaan PPPK yang diprioritaskan untuk tenaga honorer ini. Pertama tidak sesuainya kualifikasi pendidikan calon pelamar dengan formasi, alaaan kedua tidak berminatnya pelamar atas formasi yang dibuka. Untuk kualifikasi pendidikan, Mulyadi mencontohkan pada formasi guru terdapat kebutuhan guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes). Namun dari ribuan pelamar prioritas tidak ada yang memiliki jejang pendidikan yang dipersyaratkan formasi tersebut.

“Kalau formasi tenaga kesehatan, yang kosong kami lihat adalah tenaga dokter. Nah kalau dokter kita tahu sendirikan. Buka formasi di CPNS saja tidak ada pelamarnya,” beber Mulyadi, Selasa, 22 Oktober 2024.

Tidak adanya pelamar pada ratusan formasi penerimaan PPPK itu diakui Mulyadi tentu merugikan. Sebab secara otomatis mengurangi jatah pengangkatan PPPK KSB tahun ini. Kendati demikian Pemda KSB tidak dapat berbuat banyak karena kewenangan penetapan jumlah dan jenis formasi penerimaan PPPK sepenuhnya kewenangan pusat.

“Tapi yang jelas sebagian besar formasi sudah mengakomodir tenaga honorer kita. Jadi tergantung mereka sekarang apa bisa memanfaatkan kesempatan itu karena untuk menjadi PPPK harus melalui tahapan tes,” cetus Mulyadi.

Selanjutnya ia menyampaikan, pasca pendaftaran ditutup saat ini tengah dilalukan verifikasi berkas. Mulyadi berharap tidak ada pelamar yang nantinya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). “Mudah-mudahan tidak ada yang TMS supaya tidak berukang lagi jumlah pelamar PPPK kita,” harap Penjabat Sekda KSB.

Sebagai informasi tahun ini KSB mendapat jatah formasi PPPK sebanyak 2.647 orang. Rinciannya 2.542 orang formasi Tenaga Teknis, 65 orang formasi Tenaga Kesehatan dan 40 orang formasi Tenaga Guru. (bug)

IKLAN

spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO