spot_img
Rabu, Oktober 16, 2024
spot_img
BerandaNTBKOTA MATARAMBerdampak pada Perekonomian Warga .

Berdampak pada Perekonomian Warga .

RENCANA relokasi pedagang ikan di Jalan Saleh Sungkar atau depan Makam Bintaro, Kecamatan Ampenan sangat diapresiasi. Selain mengurangi potensi kemacetan, juga memiliki dampak terhadap perekonomian warga setempat.

Lurah Bintaro, Rudy Herlambang menerangkan, penataan lapak pedagang ikan di kawasan rumah susun sederhana sewa (rusunawa)Bintaro diharapkan bisa segera terealisasi. Pasalnya, aktifitas pedagang di Jalan Saleh Sungkar menimbulkan kemacetan, sehingga mengganggu warga yang akan beraktifitas maupun sekolah. “Iya, kita berharap supaya betul-betul terealisasi,” katanya.

Menurutnya, relokasi pedagang ikan di kawasan Rusunawa Bintaro memberikan peluang bagi warga untuk meningkatkan perekonomian mereka. Warga bisa menjadi buruh panggul, petugas kebersihan, serta mengelola lahan parkir.

Potensi ini akan dikomunikasikan dengan kepala lingkungan pasca pedagang direlokasi ke dalam bisa dioptimalkan pengelolaan kawasan tersebut. “Kita berharap ada dampak ekonominya,” pungkasnya.

Pengelolaan pasar ikan diharapkan bisa maksimal terutama dari sisi kebersihan. Kawasan itu sangat berdekatan dengan pemukiman atau tempat tinggal warga sehingga kenyaman dinilai sangat penting. “Namanya pedagang ikan pasti ada sisa limbahnya terutama airnya kan bau. Makanya, harus dipastikan penampungan airnya,” ujarnya.

Disamping itu, fasilitas pendukung seperti akses jalan serta penerangan jalan diharapkan dilengkapi. Walaupun informasinya, organisasi perangkat daerah (OPD) teknis mulai membangun jalan masuk ke kawasan tersebut. Sebelum proses pengerjaan jalan sepanjang 200 meter, pihaknya akan mensosialisasikan kepada warga terutama yang tinggal di rusunawa agar mencari jalan alternatif selama proses pengerasaan jalan tersebut. (cem)

IKLAN

spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO