spot_img
Kamis, Oktober 17, 2024
spot_img
BerandaPOLHUKAMPOLITIKPKS Sebut Elektabilitas Zul-Uhel Bakal Melejit Sampai Jadi Pemenang

PKS Sebut Elektabilitas Zul-Uhel Bakal Melejit Sampai Jadi Pemenang

Mataram (Suara NTB) – Pasangan Cagub-cawagub NTB nomor urut 2, Zulkieflimansyah-Suhaili (Zul-Uhel) masih berkeyakinan kuat untuk memenangkan Pilkada serentak NTB 2024. Hal itu disampaikan Ketua DPW PKS NTB, Yek Agil untuk menanggapi hasil survei terbaru dari sejumlah lembaga survei, yang menempatkan elektabilitas pasangan Zul-Uhel mengalami penurunan.

“Kalau masalah hasil survei, setiap paslon punya survei tersendiri. Ini jadi alat ukur paslon sejauh mana tanggapan publik terhadap calon yang diusung. Kami masih on the track, masih dalam posisi bagus,” kata Yek Agil saat dikonfirmasi di Kantor DPRD NTB pada Rabu, 16 Oktober 2024

Meski demikian PKS tak menampik, dalam dua bulan belakangan, elektabilitas paslon yang diusungnya tersebut cenderung mengalami penurunan. Namun, penurunan tersebut menurut mereka telah diprediksi dan masih dalam batas wajar.

“Iya (penurunan) tentu karena memang sudah ada calon yang lain. Captive marketnya akan terbagi. Yang jelas kami sudah siapkan treatment-nya. Ini sedang jalan massif. Kita akan survei minggu terkahir Oktober,” bebernya.

PKS mengungkap alasan penurunan elektabilitas tersebut. “Pertama memang sebelumnya Pak Zul sebagai gubernur banyak panggung, pertemuan formal interaksinya berkurang. Meskipun secara personal alhamdulillah seperti kebiasannya masih intens turun,” jelasnya.

PKS pun meyakini, dalam sisa waktu 42 hari masa kampanye menuju pemungutan suara. Elektabilitas Zul-Uhel bakal rebound. Skema itu menurut PKS akan terjadi dan membuat pasangan Zul-Uhel bisa memenangkan Pilgub NTB 2024.

“Kita akan rebound. Awal November Insya Allah rebound dengan treatment yang sedang kita lakukan,” ujar Wakil Ketua DPRD Provinsi NTB itu dengan penuh keyakinan.

Lebih jauh, PKS mengaku, survei internal mereka menunjukkan gap (jarak) elektabilitas tiga paslon Pilgub NTB masih sangat tipis. “Saya pikir sama, hasil survei kami itu jaraknya masih di Margin of Erorr (MoE). Semua memiliki peluang, tetapi dengan strategi dan pengalaman, kami sangat yakin bisa unggul di akhir,” bebernya.

Diketahui setidaknya ada dua lembaga survei yang menunjukkan elektabilitas Zul-Uhel turun menjelang Pilgub NTB 2024. Kedua lembaga survei tersebut adalah Nusra Institute dan Indonesia Political Opinion (IPO).

Berdasarkan hasil survei Nusra Institute yang dilakukan pada 9-13 September 2024, elektabilitas Lalu Muhamad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri (Iqbal-Dinda) unggul dengan perolehan 31,0%, disusul Sitti Rohmi Djalillah-Musyafirin (Rohmi-Firin) dengan 29,3%, dan Zul-Uhel 15,9%.
Sementara itu, survei IPO yang dilakukan pada 23-27 September 2024 menempatkan elektabilitas Iqbal-Dinda mencapai 28,4%, kemudian Zul-Uhel 24,2%, dan Rohmi-Firin 20,5%.

Tiga paslon ini akan merebut suara di 3.964.325 pemilih yang tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2024 yang  tersebar di 10 kabupaten kota di NTB. Adapun pemilih tersebut tersebar di 8.405 tempat pemungutan suara (TPS) di 1.166 desa/kelurahan dan 117 kecamatan di seluruh NTB. (ndi)

IKLAN

spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO