spot_img
Selasa, Oktober 22, 2024
spot_img
BerandaNTBSUMBAWASumbawa Butuh 180 Ruang Kelas Baru

Sumbawa Butuh 180 Ruang Kelas Baru

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, masih membutuhkan 180 ruang kelas baru (RKB) baik di tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tersebar di sejumlah Kecamatan.

“Hasil pendataan kami, ada 180 ruang kelas baru yang dibutuhkan di SD dan SMP seluruh Kabupaten Sumbawa termasuk juga perbaikan terhadap ruang kelas yang rusak,” kata Kadis Dikbud melalui Kabid SD, Mohammad Husnul Alwan, Senin, 21 Oktober 2024.

Alwan pun meyakinkan, untuk pengadaan RKB ini sudah masuk dalam perencanaan selama 5 tahun kedepan. Saat ini tengah dilakukan pembahasan RPJMD dan akan mengusulkannya secara bertahap.

“Dari 180 RKB yang kita butuhkan ini, setiap tahunnya kita kerjakan melalui APBD dan APBN, sampai tuntas nanti pada lima tahun mendatang,” ujarnya.

Ia menambahkan, sementara untuk penanganan sekolah rusak atau rehab, Alwan mengatakan Dinas Dikbud tengah melakukan pendataan dan verifikasi data kerusakan untuk diusulkan. Dalam pendataan dan verifikasi lapangan ini, pihaknya melibatkan Dinas PUPR.

“Tim dari dinas PUPR yang menentukan tingkat kerusakan karena ada sekolah mengajukan kondisi rusak berat, padahal kenyataannya rusak sedang atau ringan begitupun sebaliknya,” tambahnya.

Setelah dilakukan pendataan kerusakan, sambung Alwan, pihaknya akan memiliki basis data yang menjadi acuan dalam pengusulan baik ke pemerintah daerah maupun pusat.

 “Tahun ini kita focus pendataan, tahun depan pengusulan dan tahun berikutnya pengerjaan yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan alokasi anggaran,” pungkasnya. (ils)

IKLAN

spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO