spot_img
Jumat, September 20, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANKantor Bahasa NTB Dampingi Kegiatan Literasi dan UKBI di SMK Yasnuru Pringgabaya

Kantor Bahasa NTB Dampingi Kegiatan Literasi dan UKBI di SMK Yasnuru Pringgabaya

Mataram (Suara NTB) – Program Keunggulan untuk SMK dijalankan SMK Yasnuru Pringgabaya dengan melibatkan Kantor Bahasa Provinsi NTB. Dalam pemenuhan Program Keunggulan (PK), Kantor Bahasa bertugas mendampingi kegiatan literasi dan UKBI. Pertama-tama, pendampingan UKBI terlebih dahulu dilakukan pada tanggal 19–20 Juli 2024.

Tiga Anggota Tim UKBI Provinsi NTB diturunkan untuk melakukan sosialisasi dan pengujian UKBI kepada 100 siswa dan 10 orang guru. “SMK PK merupakan kesempatan bagi kita untuk memiliki keunggulan dibanding SMK lain. Kesempatan ini sudah diberikan kepada kita, mari kita manfaatkan sebaik-baiknya,” ujar Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMK Yasnuru, Suryadi, memberi motivasi di awal sambutannya. Ia meminta siswa untuk tertib mengikuti arahan yang diberikan oleh Tim UKBI.

Hartanto selaku Koordinator Tim UKBI menyampaikan hal serupa. Ia mengingatkan siswa untuk serius dalam mengikuti ujian karena kesempatan ini belum tentu datang dua kali. “Selagi gratis, silakan dimanfaatkan. Dua tahun lagi Adik-Adik harus membayar untuk mengikuti UKBI. Maksimalkan untuk dapat mengukur dan meningkatkan kemahiran berbahasa Adik-Adik,” tuturnya.

Segera setelah sambutan disampaikan, dilakukan sosialisasi yang dibagi dua lokasi. Sosialisasi kepada siswa diberikan oleh Lentera dan Desi dengan mengarahkan pendaftaran dan memberi gambaran teknis pengujian. Pendaftaran dibantu dengan guru-guru pendamping yang aktif mengawal dan memastikan seluruh siswa telah terdaftar.

Sementara itu, sepuluh guru yang akan melaksanakan UKBI diberi pembekalan oleh Hartanto di ruang guru. Seluruh guru nantinya akan mengawal pelaksanaan UKBI bagi siswa dalam program-program PK selanjutnya. Seluruh siswa dan guru akan melakukan pengujian UKBI esok, 20 Juli 2024. Tidak hanya UKBI, pendampingan literasi dan numerasi akan menjadi agenda selanjutnya yang turut dikawal oleh Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ron)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO