spot_img
Kamis, Juli 25, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANLima Sekolah Boarding School Terbaik di Indonesia Pilihan Siswa

Lima Sekolah Boarding School Terbaik di Indonesia Pilihan Siswa

Beberapa tahun belakangan ini, sekolah dengan konsep asrama atau boarding school peminatnya meningkat tajam. Sekolah boarding school terbaik di Indonesia seolah-olah berlomba untuk meraih siswa dengan menampilkan prestasi-prestasinya. Sekolah-sekolah tersebut tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, utamanya pulau Jawa.

Sekolah SMA Boarding School banyak diminati oleh orang tua dengan pertimbangan-pertimbangan khusus. Orang tua merasa dengan menyekolahkan anaknya di boarding school, mereka dapat terhindar dari kenakalan remaja yang semakin memprihatinkan. Disamping itu, alasan utama memilih sekolah asrama adalah fasilitasnya lengkap sehingga siswa lebih mudah berprestasi.

5 Sekolah Boarding School Terbaik di Indonesia

Sekolah boarding school menjadi incaran orang tua modern dan berpendidikan tinggi. Tentu saja para orang tua tetap harus mempertimbangkan mutu dan kualitas pendidikan dari sekolah tersebut. Sebagai rekomendasi, inilah sekolah SMA boarding school terbaik di Indonesia:

  1. SMA Dwiwarna (Boarding School) Bogor

Yang pertama adalah SMA Dwiwarna (Boarding School) yang lokasinya berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Islamic boarding school ini menerapkan  kurikulum merdeka SMA sesuai keputusan dari Kemendikbud.

Fasilitas pembelajaran bagi siswa sangat lengkap, mulai dari kelas nyaman dengan AC, asrama yang bagus, lapangan olahraga dan sebagainya. Lingkungan sekolah sangat kondusif dan berdiri di lahan yang luas, sehingga banyak fasilitas fisik dapat dibangun di lingkungan sekolah.

SMA Dwiwarna (Boarding School) adalah sekolah yang memiliki program pendidikan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler yang seimbang. Sekolah ini juga memiliki suatu program khusus yang disediakan pada mereka, para siswa yang ingin meneruskan pendidikan di sekolah kedinasan selepas SMA.

SMA Dwiwarna adalah sekolah boarding school terbaik yang telah mampu meraih akreditasi A dengan nilai unggul. Selain itu, baik siswa maupun guru SMA Dwiwarna telah banyak yang meraih prestasi akademik maupun non akademik.

  1. SMA Taruna Nusantara Magelang

Sekolah boarding school terbaik di Indonesia selanjutnya ada di Jawa Tengah, tepatnya di Magelang. SMA Taruna Nusantara atau Tarnus atau TN saja, merupakan sekolah asrama yang menggunakan sistem pendidikan semi militer. Tidak heran, banyak lulusannya yang kemudian meneruskan pendidikan ke Akademi TNI.

  1. Sekolah Pelita Harapan Cikarang

Sekolah Pelita Harapan berdiri pada tahun 1993 dan dirintis oleh pengusaha terkenal James Riady. Sekolah ini juga memasukkan materi agama kristen ke dalam kurikulumnya, yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang terdapat pada websitenya. Kurikulum yang digunakan pada sekolah ini yaitu International Baccalaureate Organization atau IBO.

  1. Al Hikmah Malang

Daerah Batu, Kabupaten Malang bukan hanya terkenal dengan agrowisatanya saja, tetapi juga ada sekolah boarding school unggulan di sana. Namanya adalah sekolah Al Hikmah, yang ada di Batu, Malang, Jawa Timur. Lokasinya di daerah pegunungan sehingga hawanya sangat sejuk. Sekolah ini memiliki lahan yang cukup luas hingga 15 hektar, karena awalnya dirancang sebagai tempat wisata.

  1. Semesta Boarding School Semarang

Semesta boarding school yang ada di Semarang, Jawa Tengah adalah bagian dari Yayasan Pendidikan Al Firdaus Semarang. Yayasan tersebut bekerja sama dengan Fulton Science Academy Georgia USA. Sekolah ini memang menekankan pada penguasaan bahasa Inggris kepada siswa-siswanya.

Itulah beberapa daftar sekolah boarding school berkualitas yang bisa disimak. Jumlah sekolah boarding school terbaik di Indonesia makin bertambah dari waktu ke waktu, seiring dengan semakin besarnya minat orang tua terhadap konsep sekolah asrama.

Tapi tentu saja, ada yang paling baik diantara yang terbaik, sehingga orang tua harus jeli dan rajin mencari informasi. Dengan memilih sekolah yang tepat, maka anak pun bisa meraih prestasi dengan lebih maksimal. (r)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments