spot_img
Sabtu, Juli 20, 2024
spot_img
BerandaNTBGelaran MXGP Targetkan 60 Ribu Penonton

Gelaran MXGP Targetkan 60 Ribu Penonton

Mataram (Suara NTB) – Gelaran Motocross Grand Prix (MXGP) yang akan diselenggarakan di Sirkuit Selaparang, Mataram menargetkan sebanyak 60.000 penonton. Jumlah itu terbagi dalam dua seri yang artinya setiap seri bisa mendatangkan 30.000 penonton. Seri pertama akan berlangsung  29-30 Juni dan seri kedua 6-7 Juli.

Target penonton tersebut disampaikan oleh Direktur Proyek Samota Enduro Gemilang, Diaz Rahmah Irhani pada Konfrensi Pers MXGP, Senin, 24 Juni 2024. “Untuk target kita sendiri 30.000 penonton per seri, jadi total sekitar 60.000. Sementara tiket yang sudah terjual per seri hampir 50 persen, terutama yang seri satu penjualannya lebih masif dibanding seri dua,” katanya.

Adapun persiapan menjelang beberapa hari gelaran MXGP seri pertama ini hampir 90 persen, yang mana sirkuit dan tenda-tenda yang dibutuhkan pada gelaran sudah dibangun 100 persen. “Seperti yang kita lihat bersama untuk tenda daripada riders sudah berdiri, namun masih ada minor yang perlu kita selesaikan, baik dari sisi panggung dan sebagainya, jadi kalau persiapan sudah 80 – 90 persen,” lanjutnya.

Kemudian, untuk pembalap yang akan berlaga pada gelaran MXGP Lombok 2024 ini akan ada 24 pembalap di seri pertama, dan 22 pembalap di seri kedua. Untuk diketahui bahwa 90 persen pembalap tersebut merupakan pembalap asal Eropa. Meski demikian, MXGP tidak menutup akses kepada pembalap lokal jika ingin ikut serta dalam perhelatan MXGP ini.

Diaz melanjutkan bahwa untuk menyambut kedatangan para pembalap ini, akan diadakan parade penyambutan pembalap yang akan dilaksanakan pada Jumat, 28 Juni 2024 sore yang mana akan dilakukan arak-arakan dari Islamic Center sampai dengan Teras Udayana.

“Jadi nanti teman-teman riders akan diarak menggunakan sepeda ontel, dengan cidomo, dan akan ada pertunjukan juga,” tambahnya.

Sementara itu, untuk pengamanan MXGP baik di seri pertama maupun seri kedua, akan melibatkan tenaga pengamanan oleh sekitar 800 aparat kepolisian yang tergabung dari Polda NTB, Polresta Mataram, Polres Lombok Tengah, Polres Lombok Barat, dan Polres KLU yang akan dimulai pada tanggal 27 – 30 Juni 2024 di seri pertama, dan tanggal 5 – 7 Juli 2024 untuk seri kedua.

Adapun untuk menumbuhkan perputaran ekonomi masyarakat, disediakan ratusan tenant UMKM yang bisa diisi secara gratis oleh 200 lebih UMKM yang ada di Kota Mataram. (era)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments