spot_img
Minggu, Juli 14, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKAN10 Mahasiswa Unram Ikuti Program “The Asian Undergraduate Symposium 2024” di Singapura

10 Mahasiswa Unram Ikuti Program “The Asian Undergraduate Symposium 2024” di Singapura

Mataram (Suara NTB) – Sebanyak 10 mahasiswa Universitas Mataram (Unram) terpilih untuk mengikuti program The Asian Undergraduate Symposium (AUS) 2024, sebuah program musim panas yang diselenggarakan oleh National University of Singapore-ASEAN University Network (NUS-AUN).

Program ini berlangsung selama dua minggu mulai tangal 1–13 Juli 2024. Kegiatan ini bertujuan mengembangkan pemahaman serta kompetensi mahasiswa dalam menghadapi tantangan masa depan di kawasan ASEAN dan Asia.

Dosen Perwakilan dari Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Unram, Sella Antesty, S.T., M.Eng., menjelaskan, program ini dirancang untuk membantu mahasiswa memahami dan menghadapi tantangan masa depan kawasan ASEAN dan Asia. Seain itu, memberdayakan mahasiswa dengan kompetensi yang dipilih untuk mengatasi tantangan tersebut melalui solusi interdisipliner, dan mengembangkan mahasiswa menjadi warga global melalui pertukaran budaya yang bermakna, jaringan, dan pembangunan kapasitas.

The AUS diselenggarakan oleh NUS College (NUSC) dan berfokus pada peserta dari ASEAN. Dalam program ini, mahasiswa akan mengikuti berbagai seminar dan perjalanan pembelajaran yang disampaikan oleh para ahli dan praktisi di bidangnya. “Metode pembelajaran yang diterapkan menggabungkan pemikiran kritis dan pembelajaran pengalaman untuk mengembangkan pengetahuan, kompetensi, dan keterampilan peserta,” ujar Sella.

Para mentor akademik dari NUSC akan bekerja sama dengan peserta untuk mengembangkan keterampilan proposal proyek, penulisan, dan presentasi menggunakan format hackathon. Peserta akan membentuk tim lintas negara untuk mengajukan proyek dalam tiga sub-tema simposium dan menangani tantangan yang telah mereka identifikasi. Hingga lima tim terpilih berkesempatan menerima dukungan dana lebih lanjut untuk proyek mereka.

Tema program tahun ini adalah “Interconnected Communities” (Komunitas yang Saling Terhubung-red) dengan sub-tema Perubahan Iklim & Keberlanjutan, Kebutuhan dan Keinginan, serta Keanekaragaman dan Inklusi.

Para mahasiswa Unram dan pendamping yang mengikuti program AUS 2024 yaitu Alifah Azzahra (Prodi Ilmu Komunikasi), Faro Ferdinan Hariyadi (Prodi Ilmu Komunikasi), Baiq Aulia Anita Ningrum (Prodi Ilmu Komunikasi), Adinda Noura Ayuningsih (Prodi Hubungan Internasional), Baiq Fitria Wirananda (Prodi Hubungan Internasional), Ratu Agung Satya Dharma (Prodi Hubungan Internasional), dan I Nengah Dwi Putra Witarsana (Prodi Teknik Informatika).

Selanjutnya, Rizky Insania Ramadhani (Prodi Teknik Informatika), Ida Ayu Vinaya Anindya (Prodi Teknik Informatika), Dewi Wulan Suci Indana (Prodi Teknik Pertanian), Sella Antesty, S.T., M.Eng. (Dosen Perwakilan dari Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri), dan Rusdi Bastian Ilham, S.Pd., M.Sc. (Koordinator Pengembangan Program dan Jaringan, Kantor Urusan Internasional).

“Dengan mengikuti program ini, diharapkan mahasiswa Unram dapat mengembangkan wawasan internasional, keterampilan interdisipliner, dan jaringan global yang akan berguna dalam karir dan kontribusi mereka di masa depan,” pungkas Sella. (ron)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -



Most Popular

Recent Comments