spot_img
Minggu, Juli 14, 2024
spot_img
BerandaNTBSUMBAWA BARATNur-Ramdhan Optimis Lolos Verfak Syarat Dukungan

Nur-Ramdhan Optimis Lolos Verfak Syarat Dukungan

Taliwang (Suara NTB) – Bakal pasangan calon perseorangan Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat, H. M. Nur Yasin-H. Sumardhan (Nur-Ramdhan) optimis telah memenuhi syarat minimal dukungan dalam tahap verifikasi faktual (verfak) pertama yang baru saja selesai dilaksanakan oleh KPU setempat.

“Insyaallah kami optimis sudah terpenuhi,” kata Liaison Officer (LO) – Penghubung Kabupaten Nur-Ramdhan, Sosma Arisandi, Jumat, 5 Juli 2024.

Keyakinan Arisandi itu didasarkan atas hasil rekap manual lapangan selama tahapan verfak. Menurut dia, seoanjang kegiatan verfak pihaknya melalui LO tingkat desa terus mendampingi petugas verifikatur yang diterjunkan oleh KPU di tingkat lapangan. Pada pendampingan itulah data-data verfak turut dicatat oleh tiap LO dan selanjutnya dikumpulkan sebagai bahan data pembanding saat nanti proses rekapitulasi baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten nantinya.

Data verfak dukungan itu pun, oleh LO Nur-Ramdhan telah disandingkan dengan data pada aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) Pilkada yang diunggah petugas verifikatur KPU. Di mana hasilnya menunjukkan kesesuaian jumlah. “Jadi kami sudah cek di Silon. Kami komunikasikan juga hari ini dengan KPU,” cetusnya.

Ditanya berapa jumlah hasil rekapitulasi manualnya? Arisandi belum ingin membukanya. Namun ia menegaskan, bahwa data dukungan yang dinyatakan telah memenuhi syarat (MS) melebihi jumlah syarat minimal yang dipersyaratkan oleh KPU KSB, yakni sebanyak 10.243 dukungan. “Kami tidak mau mendahului KPU. Tapi yang jelas data rekap manual kami sudah di atas syarat minimal dukungan. Ada lebih 500 dukungan (MS) dari syarat minimum,” klaimnya.

“Makanya kami yakin tidak akan ada perbaikan lagi. Tidak akan ada verfak kedua lagi,” tegas Arisandi menyambung pernyataannya.

Sementara itu disinggung mengenai proses verfak yang dilaksanakan oleh KPU. Arisandi mengaku, sudah sangat baik. Para petugas verifikatur menurut dia telah bekerja secara profesional dengan mengikuti setiap ketentuan yang berlaku. “Kami kan selalu ikut mendampingi termasuk petugas pengawas dari Bawaslu. Selama kegiatan lapangan semuanya lancar tidak ada masalah,” imbuhnya. (bug) 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -



Most Popular

Recent Comments