spot_img
Sabtu, Juli 20, 2024
spot_img
BerandaNTBLOMBOK UTARAHKG PKK, Peran Kader Strategis Dukung Pembangunan Daerah

HKG PKK, Peran Kader Strategis Dukung Pembangunan Daerah

Tanjung (Suara NTB) – Peran kader penggerak kesejahteraan keluarga (PKK) dinilai cukup strategis dalam mendukung pembangunan tiap sektor di tingkat Kabupaten Lombok Utara. Oleh karenanya, kader PKK dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Desa, diharapkan tetap aktif dan partisipatif untuk menunjang program pemerintah.

Hal itu dikatakan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Lombok Utara, Hj. Galuh Nurdiyah Djohan Sjamsu pada peringatan HKG PKK ke-52 di Tanjung, Selasa, 9 Juli 2024.

Disebutkan, pada peringatan kali ini, tema yang diangkat yaitu Bergerak Bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju. Menurut Galuh, tim penggerak PKK dapat menjadi motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi serta sinergitas dengan stakeholder baik dengan pemerintah daerah maupun lembaga non pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Ia menyambung, gerakan PKK pada dasarnya merupakan gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah, dengan prinsisp kerja partisipatif, melalui gerakan yang telah direncanakan oleh TP PKK.

“Para kader memiliki peran strategis dalam mendukung program kerja pemerintah termasuk dalam bidang penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan, pendidikan, kesehatan, kehidupan berkoperas, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat,” ucapnya.

Ia berharap, Pemda melalui OPD dapat bersinergi dengan TP PKK sehingga perencanaan program terarah untuk mendukung terciptanya kesejahteraan yang dimulai dari lingkup terkecil, yakni keluarga.

Ia juga berpesan, agar para Kader PKK tetap konsisten menjalankan  yang telah direncanakan. Sebab dengan pelaksanaan yang efektif, tujuan program akan memberi manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat dan mendukung pembangunan secara keseluruhan.

“Harapan kami seluruh kader PKK dapat menjawab tantangan dan mewujudkan capaian substansi tugas dan fungsi TP PKK untuk mencapai visi gerakan PKK tahun 2021-2024 yaitu Terwujudnya Keluarga Sehat, Cerdas, Berdaya, Beriman, dan Bertaqwa menuju Indonesia Maju 2024,”harapmya.

Sementara itu, Bupati Lombok Utara, yang diwakili Asisten III – Bidang Administrasi Umum, Setda KLU, H. Husnul A. Hadi mengatakan, momentum HKG PKK sedianya dapat menyatukan komitmen Kader PKK maupun organisasi perempuan lainnya di KLU untuk membangun daerah yang maju dan sejahtera. Melalui komitmen serta tekad bersama dengan Pemda, cita-citanya perubahan di tingkat keluarga akan tercipta.

“Kesejahteraan memiliki makna terpenuhinya kebutuhan masyarakat untuk dapat hidup layak dalam kehidupan sehari-hari, Sedangkan keluarga sebagai suatu keterikatan yang memiliki peran masing-masing untuk mencapai tujuan dalam kehidupan,” ujarnya. (ari)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


Most Popular

Recent Comments