spot_img
Jumat, September 20, 2024
spot_img
BerandaHEADLINEPON XXI Aceh-Sumut, Atlet Muaythai Sumbang Emas Pertama untuk NTB

PON XXI Aceh-Sumut, Atlet Muaythai Sumbang Emas Pertama untuk NTB

Mataram (Suara NTB) – Cabang olahraga (Cabor) Muaythai berhasil menyumbangkan medali emas pertama bagi NTB di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 yang berlangsung di Bale Meuseuraya Aceh, Selasa, 10 September 2024. Petarung NTB Fery Irawan menang KO atas wakil tuan rumah Aceh Ridwan Syah di Kategori U-23 Kelas 45 kilogram.

Pelatih Muaythai NTB, Indra Gunawan mengaku sangat bersyukur Muaythai membuka peluang terbaik bagi NTB di PON 2024 ini. Cabor Muaythai memang telah ditarget bisa menyumbang medali emas di PON ini karena memiliki atlet yang baik.

“Alhamdulillah ini emas pertama dari Muaythai. Ini juga Emas pertama yang didapat kontingen NTB,” ujar Pelatih Muaythai NTB Indra Gunawan seperti dikutip dari rilis KONI NTB, Selasa, 10 September 2024.

Indra menjelaskan Fery sudah mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Terlebih lawan yang dihadapi memiliki postur badan lebih tinggi dan wakil tuan rumah Aceh. Namun Fery mampu menjatuhkan lawannya di ronde kedua dan menang TKO.

“Luar biasa perjuangan Fery. Saya sangat terharu dengan capaian ini,” tuturnya.

Perjalanan Fery menuju medali emas tidaklah mudah. Namun pada babak semifinal, Fery berhasil mengalahkan petarung asal Banten Muhamad Ridwan sebelum akhirnya mampu mengalahkan atlet tuan rumah.

Sementara itu, Ketua KONI NTB, H. Mori Hanafi mengatakan ini adalah capaian yang sangat luar biasa dari cabor Muaythai. “Kami sangat bersyukur ini medali emas pertama bagi NTB dan disumbangkan Muaythai. Masih ada dua partai final lagi untuk Muaythai. Semoga bisa menyusul medali emas juga,” pungkasnya.

Muaythai memang menargetkan dua medali emas pada multievent olahraga empat tahunan tersebut pasca mendapatkan medali pada kejuaraan yang digelar di Bali Mei lalu. Saat itu delapan atlet yang diturunkan mendapatkan medali. Terdiri dari tiga medali emas dan enam medali perak. Medali emas disumbangkan Ardiansyah, Feri Irawan, dan Gunawan. Sedangkan enam atlet lainnya meraih medali perak.

Target dua medali emas ini berdasarkan hasil Pra-PON yang sudah dijalani pada Agustus 2023. Saat itu delapan atlet Muaythai NTB meraih medali dan lolos ke PON Aceh-Sumatera Utara XXI/2024. Mereka meraih satu emas, satu perak, dan enam perunggu.

Provinsi NTB mengirimkan sebanyak 518 kontingen yang terdiri dari 251 atlet, 80 pelatih dan 187 ofisial mengikuti 44 pertandingan cabang olahraga dan tampil pada defile kontingen peserta PON.(ris)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO