spot_img
Kamis, September 19, 2024
spot_img
BerandaNTBLOMBOK TIMURIsu Gempa Megathrust, Angka Kunjungan ke Objek Wisata Pantai Merosot

Isu Gempa Megathrust, Angka Kunjungan ke Objek Wisata Pantai Merosot

Selong (Suara NTB) – Isu gempa besar atau megathrust yang akan menimbulkan dampak tsunami berdampak besar bagi sektor pariwisata. Dampak buruk isu tersebut dirasakan pengelola Sunrise Land Lombok (SLL) Labuhan Haji, Lombok Timur (Lotim). Angka kunjungan ke objek wisata pantai ini merosot tajam.

Direktur SLL, Qori’ Bayyinatturrosy kepada Suara NTB, Rabu, 11 September 2024 mengatakan dampak isu yang tidak jelas tersebut cukup buruk. Wisata tampaknya takut berkunjung karena khawatir akan dilanda tsunami.

“Kita merasakan betul dampak menurun kunjungan setelah ada isu gempa megathrust ini,” tutur Qori. Warga takut berkunjung ke objek wisata dan tampak memilih berdiam di rumah. Warga bahkan banyak yang trauma kejadian gempa bumi 2018 dan 2019 lalu. Banyak warga yang memilih tidur di luar rumah menggunakan tenda karena takut gempa guncang rumahnya.

Sebenarnya, setiap bulan Agustus dan September setiap tahunnya ini merupakan puncak kunjungan karena musim liburan. Tapi bukan Agustus dan September ini kunjungan sangat tinggi. Sementara fakta saat ini menurun sangat drastis.

Angka kunjungan Agustus tahun 2023 mencapai 18.456 orang. Bulan September tahun lalu sebanyak 28.353 orang. Sementara Agustus 2024 ini hanya 5.000 orang, dan bulan September yang tercatat sampai Rabu, tanggal 11 kemarin baru mencapai sedangkan tahun belum 100 orang. “Tahun lalu sangat signifikan kunjungan,” tuturnya.

Dalam upaya meningkatkan angka kunjungan, sosialisasi terus digencarkan lewat media sosial. Pemerintah daerah diminta ikut memberikan pemahaman kepada masyarakat soal isu megathrust tersebut agar tidak menimbulkan kekhawatiran berlebih kepada warga.

Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) diharapkan juga bisa terus promosi wisata agar angka kunjungan terus meningkat ke objek wisata se Kabupaten Lotim. (rus)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO