spot_img
Rabu, September 18, 2024
spot_img
BerandaNTBSUMBAWA BARATJumlah Pendaftar CPNS KSB Tembus 3.633 Pelamar

Jumlah Pendaftar CPNS KSB Tembus 3.633 Pelamar

Taliwang (Suara NTB) – Pendaftaran rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, resmi ditutup pada 10 September 2024, pukul 23.59 Wita.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KSB, terdapat 3.899 orang menginput datanya melalui situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SCASN). Tetapi hanya 3.633 orang yang kemudian tuntas mengunggah seluruh syarat pendaftarannya.

“Jadi ada sebanyak 266 orang pensaftar yang kemudian tidak melakukan submit sampai batas waktu pendaftaran,” terang kepala BKPSDM KSB, Mulyadi, Kamis, 12 September 2024.

Ia menjelaskan, ada dua kemungkinan mengapa masih ada pelamar yang kemudian tidak menyelesaikan pendaftarannya. Pertama karena memang batal mendaftar dan kedua tidak dapat melengkapi seluruh berkas yang dipersyaratkan hingga sampai batas waktu pendaftaran ditutup. “Kalau faktor eror (situs) atau karena e-materai sepertinya tidak ya karena tidak ada keluhan secara nasional juga,” ujarnya.

Dengan jumlah pelamar yang tembus 3 ribu orang itu, menurut Mulyadi sudah sesuai prediksi pihaknya. Ia pun mengaku sangat lega karena seluruh fomasi penerimaan CPNS yang dibuka Pemda KSB tahun ini ada pelamarnya. “Kalau dirata-ratakan setiap formasi pelamarnya lebih tiga kali lipat dari jumlah yang dibutuhkan,” sebutnya.

Ditanya mengenai keberadaan pelamar dari kalangan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)? Mulyadi mengatakan, dari data yang masuk pihaknya mencatat ada sejumlah tenaga PPPK yang turut mencoba peruntungan pada rekrutmen CPNS tahun ini. Sementara pelamar disabilitas hanya terdata satu orang saja. “Kalau PPPK dan disabilitas tidak banyak,” urainya.

Pasca pendaftaran, saat ini BKPSDM KSB tengah memverifikasi seluruh berkas pelamar. Mulyadi mengatakan, kegiatan verifikasi berkas pelamar itu akan berlangsung hingga tanggal 20 September mendatang. “Nanti setelah kita umumkan akan ada masa sanggah. Pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat punya kesempatan melakukan sanggahan,” katanya.

Lantas kapan tahapan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2024 akan diselenggarakan? Mulyadi menyebut, jika mengacu pada jadwal yang ada pelaksnaan tes akan digelar antara bulan Oktober hingga November 2024. “Kita diberi waktu sebulan oleh BKN mulai 16 Oktober sampai 14 November. Dalam rentang waktu itulah kita bisa melaksanakan SKD-nya,” imbuhnya. (bug)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO