spot_img
Kamis, September 19, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANGraha Orientasi Unizar 2024, Ratusan Mahasiswa Diharapkan Bisa Bermanfaat bagi Semesta

Graha Orientasi Unizar 2024, Ratusan Mahasiswa Diharapkan Bisa Bermanfaat bagi Semesta

Mataram (suarantb.com) – Kegiatan perkuliahan di Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) pada tahun ajaran baru ini akan segera dimulai. Sebanyak tujuh fakultas di Unizar terisi penuh. Guna memperkenalkan lingkungan kampus bagi mahasiswa baru agar lebih mudah beradaptasi, masa orientasi pun dilaksanakan.

Ketua Panitia Graha Orientasi Unizar (GOU) 2024, Arista Suci Andini, M.Si., mengatakan, pelaksanaan GOU kepada mahasiswa baru dilaksanakan selama dua hari, tepatnya 14-15 September ini. “GOU tahun ini diikuti ratusan peserta mahasiswa baru. Kegiatannya selama dua hari,” katanya, Minggu, 15 September 2024 pagi.

Ia mengatakan, GOU 2024 tidak hanya difokuskan di dalam ruangan, melainkan di luar ruangan. Bahkan panitia juga melibatkan anggota TNI untuk memberikan materi bela negara bagi para peserta GOU. “Materi di hari kedua itu bela negara dan ada juga berbagai kegiatan seru yang memang sudah dibuat oleh panitia. Kita melibatkan bapak-bapak TNI untuk memberikan materi bela negara,” katanya.

Kegiatan di luar ruangan ini untuk melatih mental para mahasiswa, kebangsaan, dan bagaimana para mahasiswa baru membangun kerja sama dengan temannya. Dalam latihan kekompakan ini, panitia sudah membuat beberapa permainan yang dikerjakan secara berkelompok dan membutuhkan kerja sama. “Kita latih kerja samanya dengan temannya. Kita buatkan kelompok,” terangnya.

Sedangkan untuk kegiatan di dalam ruangan, panitia menjelaskan tentang sistem perkuliahan dan pembelajaran perguruan tinggi serta beberapa materi yang sudah ditetapkan melalui pedoman Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). “Untuk minat masuk ke Unizar masih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya dan lebih banyak dari kalangan fresh graduate,” katanya.

Selain itu, selama GOU 2024 ini panitia menjelaskan sistem perkuliahan. Pasalnya, ratusan mahasiswa yang masuk ke Unizar ini merupakan lulusan SMA yang membutuhkan adaptasi. “Ini kan masa transisi dari SMA ke perguruan tinggi. Jadi kita perkenalkan dari awal agar tidak kaget setelah masuk kuliah,” ungkapnya.

Tahun ini, Panitia GOU 2024 mengangkat tema “TAMBORA”. Dari tema ini, seluruh mahasiswa baru diharapkan bisa memberikan dampak yang besar secara luas tidak hanya untuk lingkungan kampus melainkan daerah bahkan bangsa. “Kita angkat tema ‘TAMBORA’. Itu singkatan dari Terampil, Amanah, Berilmu, Optimis, dan Rahmatan Lil’alamin, jadi sesuai visi misi di kampus Unizar yaitu rahmatan lil’alamin, manfaat bagi semesta alam,” terangnya. (ron/*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO