spot_img
Kamis, September 19, 2024
spot_img
BerandaNTBSUMBAWAHaji Mo Resmikan Pembentukan Destana Desa Usar Mapin

Haji Mo Resmikan Pembentukan Destana Desa Usar Mapin

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, secara resmi menetapkan Desa Usar Mapin, kecamatan Alas sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana) tahun 2024 yang dirangkaikan dengan pelatihan para kader Destana.

“Keberadaan Destana ini sangat vital bagi setiap desa, karena bila ada bencana, tenaga terlatih inilah yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi bencana, sambil menunggu bantuan dari Kabupaten,” kata Bupati yang akrab disapa Haji Mo dalam sambutannya, Selasa, 17 September 2024.

Haji Mo turut mengucapkan selamat mengemban tugas yang mulia ini kepada para kader Destana yang dilantik. Karena pada prinsipnya keselamatan warga ketika terjadi bencana menjadi pekerjaan mulai yang harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.

“Insyaa Allah saya percaya, di tangan anda semua keselamatan warga kami amanahkan,” tutupnya.
Sebelumnya Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) M. Nur Hidayat mengatakan, pembentukan Destana supaya desa tersebut bisa mandiri ketika terjadi bencana. Sehingga pada saat terjadi bencana minimal bisa ditangani secara mandiri.

“Jadi, terhadap Destana tetap akan kita bina supaya ketika terjadi bencana mereka sudah tahu harus melakukan apa termasuk juga meminimalisir kerugian yang timbul,” ujarnya.

Penetapan desa Usar Mapin menjadi Destana dengan beberapa kriteria khusus setelah dilakukan pemetaan sebelumnya. Untuk desa Usar Mapin rawan terjadi banjir, bahkan hampir setiap musim penghujan desa tersebut selalu dilanda banjir.

“Ada kriterianya tidak bisa kita tetapkan Destana begitu saja dengan tetap mengacu ke kronologis kebencanaan yang dikhawatirkan terjadi,” tukasnya.

Resmikan SDN Keramat
Setelah meresmikan Destana Usar Mapin, Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah juga meresmikan status Negeri SD Negeri Keramat Desa Tarusa, Kecamatan Buer.
“Alhamdulillah SD ini sekarang sudah berstatus mandiri, yang sebelumnya merupakan filial dari SDN 2 Tarusa,” kata Haji Mo.

Seraya berharap, semoga dengan status negerinya, sekolah ini dapat mencetak generasi unggul SDM yang berdaya guna dan berhasil guna bagi Tana Samawa. “Kami berharap SDN ini mampu memberikan kontribusi besar bagi masyarakat dan daerah dalam menciptakan generasi unggul bagi kelanjutan Pembangunan di Sumbawa,” tutupnya. (ils)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO