spot_img
Senin, September 30, 2024
spot_img
BerandaNTBSUMBAWAPeluncuran dan Pameran E- Learning Basa Samawa, Satu Langkah Maju dalam Upaya...

Peluncuran dan Pameran E- Learning Basa Samawa, Satu Langkah Maju dalam Upaya Pelestarian Bahasa Sumbawa

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Suasana hangat menyelimuti Aula SMKN 1 Sumbawa, Jumat, 13 September 2024 seiring dengan diselenggarakannya peluncuran dan pameran e-Learning Basa Samawa.

Acara yang mengangkat tema “Pelestarian Bahasa Daerah Sumbawa (Basa Samawa) Melalui Pemanfaatan e-Learning dalam Inovasi Pembelajaran bagi Anak Usia Remaja” ini berhasil menarik perhatian berbagai kalangan, mulai dari pelajar, guru, hingga tokoh adat.

Shinta Esabella. M.TI, dosen Informatika Fakultas Rekayasa Sistem Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), yang juga merupakan penerima hibah Dana Indonesiana 2023, menjadi sosok di balik suksesnya pengembangan e-Learning Basa Samawa. Dengan dukungan penuh dari Dana Indonesiana 2023, Kemendikbudristek dan LPDP, Shinta berhasil menciptakan sebuah platform pembelajaran yang inovatif dan mudah diakses oleh siapa saja.

“Saya sangat bersyukur atas dukungan yang diberikan oleh Dana Indonesiana 2023, Kemendikbudristek dan LPDP,” ujarnya.

Shinta mengungkapkan bahwa terbatasnya  sumber belajar bahasa daerah menjadi salah satu kendala para remaja dalam mengakses pembelajaran bahasa daerah. Oleh karenanya perlu pendekatan teknologi untuk memudahkan remaja dalam mempelajari bahasa daerah tanpa dibatasi ruang dan waktu.

“E-learning menyediakan akses ke beragam sumber belajar seperti video, teks, gambar, interaktif, sehingga membuat proses pembelajaran lebih menarik dan memungkinkan peserta didik untuk memilih metode yang paling cocok untuk mereka,” ucapnya.

Ia berharap, “Semoga aplikasi ini dapat menjadi kontribusi nyata dalam upaya pelestarian bahasa Sumbawa. Selain itu, aplikasi ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam mengembangkan inovasi pembelajaran berbasis teknologi,” kata Shinta dalam laporannya.

Keberhasilan launching e-Learning Basa Samawa ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak. Dr. M. Iksan Safitri, M.Si, selaku Ketua Pajatu Lembaga Adat Tana Samawa (LATS), dalam sambutannya menyampaikan harapan agar e-Learning ini dapat menjadi wadah yang efektif bagi masyarakat. Khususnya bagi generasi muda, untuk lebih mencintai dan mempelajari Basa Samawa.

Senada dengan hal tersebut, Rektor Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Hj. Niken Saptarini Widyawati, S.E., M.Sc, juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tim pengembang aplikasi. “Saya berharap aplikasi ini dapat diakses oleh masyarakat luas, dimanapun mereka berada, sehingga bahasa Sumbawa dapat terus lestari,” ujar Rektor UTS.

Respon positif juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa, yang diwakili oleh Fithriati, SP., MT, selaku Kepala Bidang Kebudayaan, secara resmi membuka acara launching dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Shinta dan tim pengembang aplikasi.

“Dengan adanya e-Learning ini, kami berharap minat masyarakat untuk mempelajari Bahasa Sumbawa semakin meningkat. Saya yakin, aplikasi ini akan menjadi solusi alternatif yang efektif dalam pembelajaran bahasa daerah,” ungkap Fithriati.

Antusiasme peserta yang hadir pada acara  di Aula Ai Mata Jitu SMKN 1 Sumbawa juga luar biasa. Acara launching ini dihadiri oleh seluruh kepala sekolah di Kabupaten Sumbawa, siswa-siswi dari berbagai sekolah, guru pendamping muatan lokal, serta para penggiat budaya Sumbawa.

Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada tim pengembang aplikasi. Diluncurkannya e-Learning Basa Samawa, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pelestarian bahasa dan budaya Sumbawa. (ils/*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO