spot_img
Jumat, September 20, 2024
spot_img
BerandaNTBLOMBOK BARATLapas Lobar Mampu Kurangi Warga Binaan yang SakitĀ 

Lapas Lobar Mampu Kurangi Warga Binaan yang SakitĀ 

Giri Menang (Suara NTB) – Program unggulan Perda Tilang (Perawat Datang Sakit Hilang) dan KSS (Kelompok Sadar Sehat) Lapas Kelas IIA Lombok Barat Kanwil Kemenkumham NTB dalam bidang pelayanan kesehatan mampu menekan jumlah warga binaan yang sakit hingga 54 persen.

Per tanggal 19 September 2024, menurut data rekam medis pelayanan warga binaan pada Klinik Pratama Lapas Lombok Barat mengalami penurunan drastis di tahun 2024 jika dibandingkan dengan data tahun sebelumnya. “Program (Perda Tilang dan KSS) ternyata dapat memberikan manfaat dan dampak yang sangat signifikan, meskipun di tahun ini jumlah warga binaan kami mengalami peningkatan sebesar 12% dari tahun sebelumnya,ā€ jelas Kepala Seksi Binadik Lapas Lombok Barat, Tajudinur, Kamis, 19 September 2024.

Di tahun 2023 lanjut Tajudinur, dengan jumlah warga binaan sekitar 1.638 orang, data rekam medis di Klinik Pratama mencapai 2.161 orang hingga akhir Desember 2023. ā€œNamun per tanggal hari ini, jumlah warga binaan yang (keluhan sakit) mengalami penurunan sebesar 45% yakni sejumlah 1239 orang atau selisih 922 orang per September ini, padahal jumlah warga binaan mencapai 1.862 orang per hari ini,ā€ papar Tajudinur.

Artinya, program unggulan Lapas Lombok Barat di bidang pelayanan kesehatan memberikan dampak sangat positif dan sangat bermanfaat.

Sementara itu, Kalapas Lombok Barat, M. Fadli menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada jajaran Binadik Lapas Lombok Barat yang terus berkomitmen secara konsisten menjalankan program ini. ā€œAlhamdulillah, apresiasi setinggi ā€“ tingginya tentu untuk jajaran Kasi Binadik dan kawan ā€“ kawan atas komitmen dan konsistensinya dalam memberikan pelayanan maksimal kepada warga binaan,ā€ ungkap Kalapas Fadli.

Lebih lanjut menurut Fadli, kedua program ini dibentuk sebagai upaya optimalisasi penanganan pelayanan kesehatan serta peningkatan kualitas SDM jajaran Lapas Lombok Barat. ā€œKita ingin pastikan seluruh warga binaan mendapatkan perawatan lebih intensif sesuai dengan Pedoman Petunjuk Teknis Penanganan Pelayanan Kesehatan WBP di Lapas Kelas IIA Lombok Barat,ā€ tegas Fadli.

Lapas Kelas IIA Lombok Barat terus berbenah dan senantiasa melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas SDM yang ada di dalam lingkungan Lapas Kelas IIA Lombok Barat. (her)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -


VIDEO