spot_img
Kamis, Oktober 17, 2024
spot_img
BerandaNTBKOTA MATARAMPerlu Pelebaran Sungai (Pojok)

Perlu Pelebaran Sungai (Pojok)

LINGKUNGAN Karang Anyar, Kelurahan Pagesangan Timur, Kecamatan Mataram sempat terdampak banjir. Pemicunya, aliran Sungai Bernjok mengalami penyempitan. Pelebaran sungai menjadi solusi guna menghindari banjir susulan.

Lurah Pagesangan Timur, Sumarjan ditemui pada, Selasa 8 oktober 2024  justru heran pemukiman warga di Lingkungan Karang Anyar, terendam banjir padahal tidak pernah ada kejadian dari beberapa tahun sebelumnya. “Tumben ini banjir padahal sebelumnya tidak pernah ada,” katanya.

Debit air terlalu tinggi serta kondisi Sungai Bernjok mengalami penyempitan diduga menjadi pemicu. Di satu sisi, pembangunan rumah milik penduduk tidak memperhatikan badan sungai. Sumarjan menilai lemahnya pengawasan mengakibatkan warga sewenang-wenang membangun padahal beresiko terhadap bencana banjir. “Banyak plat yang menutup saluran. Informasi dari warga juga sungai lebar, tetapi semakin menyempit setelah maraknya pembangunan,” ujarnya.

Kondisi dialami warga telah disampaikan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Mataram melalui kecamatan. Sumarjan berharap organisasi perangkat daerah (OPD) teknis melakukan normalisasi serta pelebaran sungai, agar volume air lebih banyak ditampung. Selain itu, jembatan penghubung antar Pagesangan dan Pagesangan Timur ditinggikan. “Posisi jembatan ini rendah sehingga mengakibatkan air di sungai terhalang dan masuk ke pemukiman warga,” jelasnya.

Permasalahan yang dialami warga Lingkungan Anyar diharapkan tidak terulang kembali, apalagi akan memasuki musim hujan. Ia memiliki kekhawatiran jika OPD teknis tidak segera mengintervensi akan terjadi banjir susulan yang mengakibatkan rumah warga terendam banjir.

Sumarjan berharap warga menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai atau saluran serta memperhatikan fungsi saluran dengan baik. “Jangan asal membangun tetapi tidak memperhatikan saluran,” imbuhnya. (cem)

IKLAN

spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO