spot_img
Sabtu, Oktober 12, 2024
spot_img
BerandaNTBPemkot Mataram Siapkan Tender Dini Pembangunan Pasar Ikan

Pemkot Mataram Siapkan Tender Dini Pembangunan Pasar Ikan

Mataram (Suara NTB)- Pemkot Mataram menyiapkan kegiatan tender dini untuk lanjutan pembangunan pasar ikan higienis di kampung nelayan Bintaro, Kecamatan Ampenan. Asisten II Setda Kota Mataram Miftahurrahman di Mataram, Jumat 11 oktober 2024 mengatakan, tender dini itu dilaksanakan untuk mempercepat penyelesaian pembangunan pasar ikan agar bisa segera ditempati.

“Tender dini kami jadwalkan pada Desember 2024. Januari 2025, pembangunan pasar ikan higienis tahap dua bisa mulai dikerjakan,” katanya.

Untuk kegiatan tender pasar ikan tersebut, katanya, pemerintah kota sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp500 juta melalui APBD 2025, untuk pemasangan atap dan pengurukan areal parkir.

Dengan dua jenis kegiatan itu, dinilai tidak terlalu berat sehingga pada semester pertama pasar ikan sudah bisa ditempati dan merelokasi pedagang ikan yang berada di pasar ikan depan Makam Bintaro.

Para pedagang ikan di pasar ikan lama, lanjutnya, juga harus segera direlokasi karena areal yang mereka tempati saat ini menjadi bagian untuk pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kebon Talo dengan luas lahan satu hektare.

“Proyek pembangunan TPST Kebon Talo, saat ini juga dalam tahap tender di tingkat pemerintah pusat,” katanya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Mataram Irwan Harimansyah sebelumnya mengatakan, pembangunan pasar ikan higienis itu menjadi bagian dari konsep besar untuk pembangunan pasar ikan bersih terintegrasi wisata kuliner.

“Desain pasar ikan bersih terintegrasi wisata kuliner sudah kita siapkan dengan asumsi kebutuhan anggaran sekitar Rp8 miliar hingga Rp10 miliar,” katanya.

Menurutnya, besarnya anggaran yang dibutuhkan itu karena pasar ikan bersih yang juga terintegrasi dengan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) nelayan akan dibangun dengan fasilitas pendukung yang lengkap.

Fasilitas pendukung yang dimaksudkan itu antara lain, instalasi pengelolaan air limbah (Ipal), ruang pendingin ikan (cold storage), pasar ikan bersih seperti halnya sebuah “supermarket”, dan bagian pinggir pantai di tata untuk areal lapak pedagang kuliner ikan.

“Jadi masyarakat bisa datang ke areal itu bisa memilih jenis ikan yang diinginkan, kemudian dimasak langsung sesuai selera selanjutnya dinikmati di tempat sambil melihat suasana pantai,” katanya.

Dia menilai, dengan konsep pasar ikan terintegrasi itu diyakini dapat menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan, sehingga dapat meningkatkan nilai jual dan kesejahteraan nelayan sekitar.

“Karena itulah, kebutuhan anggaran itu sedang kami perjuangkan juga di pemerintah pusat. Semoga bisa terealisasi,” katanya. (ant)

IKLAN

spot_img
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

VIDEO