spot_img
Rabu, Oktober 16, 2024
spot_img
BerandaPENDIDIKANMahasiswa dan Alumni Perlu Dibekali Keterampilan Relevan Hadapi Dunia Kerja

Mahasiswa dan Alumni Perlu Dibekali Keterampilan Relevan Hadapi Dunia Kerja

Mataram (Suara NTB) – UPA Bimbingan Konseling dan Pembinaan Karir Universitas Mataram (UPA BKPK Unram) kembali menggelar pelatihan tahunan bertajuk “Empower Your Future: Pathway to Achieve Your Success” pada di Gedung Dome Unram, Kamis, 10 Oktober 2024. Pelatihan ini bertujuan memberi bekal kepada mahasiswa dan alumni dengan keterampilan praktis dan wawasan strategis yang dibutuhkan sebelum memasuki dunia kerja. Pelatihan ini dihadiri ratusan peserta, termasuk mahasiswa tingkat akhir serta alumni yang tengah mempersiapkan diri untuk memulai karir profesional.

Kepala UPA BKPK Unram, apt. Yoga Dwi Saputra, S.Farm., M.Pharm.Sci., menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen universitas untuk mendukung lulusannya menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompetitif.

“Tahun 2024 ini adalah kali kedua kami menyelenggarakan pelatihan ini. Tujuannya untuk membekali para lulusan dan alumni dengan keterampilan yang relevan serta memberikan panduan praktis terkait persiapan menghadapi dunia kerja,” jelasnya.

Pelatihan ini menghadirkan empat narasumber yang ahli di bidangnya, yaitu: Ali Usman, S.Pd., Ketua HHRMA NTB dan Human Resources Management (HRM) Hotel Sheraton, menyampaikan Wawasan dan Dinamika Rekrutmen di Industri Perhotelan dan Pariwisata. Ruth Pamela, M.Psi, Psikolog., Manager Talent Acquisition PT. Enseval Putra Megatrading Tbk, yang membahas Pentingnya Manajemen Bakat dan Cara Menghadapi Proses Seleksi di Perusahaan Besar.

Kemudian, Lale Justin Amelida, S.Psi., M.Psi., Psikolog UPA Bimbingan Konseling Unram, yang berbagi tips tentang Pengembangan Diri dan Cara Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja yang Dinamis. Serta, Fani Hidayat Putri, S.Si., Kepala HRD Penerbit Erlangga Bali Nusra, yang memberikan panduan praktis terkait Strategi Penyusunan CV dan Tips Sukses dalam Wawancara Kerja.

Pelatihan ini turut diisi dengan diskusi interaktif yang memberikan peserta kesempatan untuk berlatih dan mendapatkan umpan balik langsung dari para profesional. Menurut Kepala UPA BKPK, pelatihan ini tidak hanya membantu peserta mempersiapkan diri dari sisi teknis, namun turut membekali mereka dengan keterampilan soft skills yang dibutuhkan untuk sukses di dunia kerja.

Pelatihan ini didukung oleh UKM argUMent dan BEM Unram yang turut membantu dalam persiapan dan pelaksanaan acara. Kolaborasi ini memungkinkan acara berjalan dengan lancar, memastikan setiap peserta mendapatkan manfaat maksimal dari setiap sesi yang diselenggarakan.

“Harapan kami, pelatihan ini dapat membantu mahasiswa dan alumni Unram untuk lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja dan meraih kesuksesan dalam proses melamar pekerjaan,” pungkas Kepala UPA BKPK. (ron)

IKLAN

spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO