spot_img
Kamis, Oktober 17, 2024
spot_img
BerandaHEADLINEPj Bupati Lotim Terima Rencana Induk DTW Cemara Siu Sembalun dari Menparekraf

Pj Bupati Lotim Terima Rencana Induk DTW Cemara Siu Sembalun dari Menparekraf

Selong (Suara NTB)- Penjabat (PJ) Bupati Lombok Timur (Lotim), H. Muhammad Juaini Taofik, resmi menerima Rencana Induk (Master Plan) Daya Tarik Wisata (DTW) Cemara Siu di Sembalun dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno. Penyerahan master plan tersebut berlangsung pada acara rutin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yaitu Weekly Brief with Sandi Uno, yang diselenggarakan pada Senin 14 oktober 2024 di Jakarta.

Demikian disampaikan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (PKP) Sekretariat Daerah Kabupaten Lotim, M. Azro’i kepada media, Selasa 15 oktober 2024 kemarin. Mengutip penjelasan Pj Bupati Juaini Taofik, dia mengungkapkan komitmen Pemerintah Daerah Lotim untuk segera memanfaatkan master plan tersebut sebagai upaya pengembangan pariwisata di wilayah tersebut. Ia menegaskan bahwa master plan ini sangat dinantikan oleh berbagai pihak. Mulai dari pelaku pariwisata hingga pemerhati lingkungan, mengingat lokasi Cemara Siu yang berada di kawasan Sembalun, bagian dari Geopark Rinjani.

“Keberadaan master plan ini akan semakin meningkatkan semangat para pemangku kepentingan pariwisata di Lombok Timur. Terlebih dengan adanya tren peningkatan kunjungan wisatawan ke Lombok Timur yang terus mengalami kenaikan,” ujarnya. Ia juga menyebutkan bahwa jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lombok Timur pada tahun 2023 mencapai 53 ribu orang, dan pada tahun 2024, hingga bulan September, angka tersebut sudah mencapai 94 ribu orang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam acara tersebut juga menyerahkan master plan untuk tiga destinasi lainnya, yaitu Air Terjun Tekaan Telu di Tomohon (Sulawesi Utara), Pulau Dodola di Kabupaten Pulau Morotai (Maluku Utara), dan Pulau Kumala di Kota Tenggarong (Kutai Kartanegara).

Sandiaga Uno menyampaikan apresiasinya kepada tim penyusun master plan yang melibatkan akademisi di setiap destinasi tersebut.

Acara Weekly Brief with Sandi Uno sendiri merupakan format temu pers dari Kemenparekraf yang menghadirkan informasi terkini mengenai perkembangan program dan kebijakan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Master plan ini diharapkan dapat menjadi panduan strategis dalam mengembangkan potensi wisata di Cemara Siu, sekaligus mendorong peningkatan jumlah wisatawan dan pertumbuhan ekonomi di Lombok Timur.

Berdasarkan Master Plan ini akan dibangun portal hub di Cemara Siu oleh Kemenparekraf. Lokasi tersebut akan menjadi salah satu destinasi wisata utama ketika wisatawan datang ke Sembalun. Segala informasi tentang wisata Sembalun akan ditemukan penjelasan detailnya di Cemara Siu. Karena menjadi pusat informasi wisata dan budaya di Sembalun dan Geopark Rinjani secara umum. (rus)

IKLAN

spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO