spot_img
Sabtu, Oktober 19, 2024
spot_img
BerandaNTBLOMBOK TENGAHAda Masalah Lapor ke Call Center 112

Ada Masalah Lapor ke Call Center 112

Praya (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) resmi meluncurkan call center 112, bersamaan dengan pembukaan event Mandalika Kuliner Expo 2024, bertempat di halaman eks kantor Bupati Loteng, Jumat, 18 Oktober 2024.

Layanan panggilan darurat tersebut bisa semakin memudahkan masyarakat di daerah ini dalam melaporkan peristiawa atau kejadian ditemukan di lapangan. Mulai dari kasus kecelakaan lalu lintas, kebakaran atau bencana alam lainnya hingga kasus kriminalitas.

“Call Center 112 Loteng ini merupakan layanan panggilan darurat 24 jam,” sebut Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Loteng a. A. Azis, S.H.M.H., Jumat kemarin.

Dirancang untuk memberikan respons cepat terhadap berbagai situasi darurat. Termasuk kedaruratan medis, kebakaran, bencana dan kegawatdaruratan lainnya.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Loteng ditunjuk sebagai penanggung jawab utama operasional Call Center 112 tersebut. Diskominfo Loteng pun diharapkan bisa memastikan layanan darurat tersebut bisa berjalan dengan optimal serta mampu merespon setiap panggilan dengan cepat dan tepat.

“Layanan Call Center 112 dapat diakses dari semua operator telepon seluler. Dengan atau tanpa sim card, serta telepon rumah, dan sepenuhnya bebas pulsa. Beroperasi selama 24 jam sehari dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melaporkan kejadian darurat kapan saja,” terang Azis.

Pihaknya mengimbau masyarakat bisa memanfaatnya layanan tersebut secara maksimal. Namun tetap bijak dengan tidak memberikan laporan palsu atau prank yang dapat mengganggu penanganan darurat yang sebenarnya. “Melalui layanan ini diharapkan masyarakat Loteng bisa merasakan peningkatan keamanan dan keselamatan melalui layanan respons darurat yang lebih cepat serta efisien,” tandasnya.

Mandalika Kuliner Expo

Disinggung terkait event Mandalika Kuliner Expo, Azis mengatakan akan digelar selama tiga hari. Dibuka pada hari Jumat dan ditutup pada Minggu, 20 Oktober 2024. Event ini menghadirkan berbagai jenis kuliner khas  Loteng yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum. Selain ada kuliner, ada juga stand pameran produk unggulan Loteng.

Selama event masyarakat bisa menikmati berbagai hiburan musik dan kesenian lainnya yang ditampilkan di panggung hiburan di area pameran. “Banyak yang bisa dinikmati selama Mandalika Kuliner Expo. Ada pameran kerisnya juga. Termasuk layanan administrasi kependudukan pada Sabtu dan Minggu,” sebutnya.

Ajang tersebut digelar untuk menyemarakkan perayaan HUT Loteng tahun ini. Selain menghibur masyarakat, sekaligus juga mendorong pergerakan ekonomi masyarakat serta memberikan ruang bagi pelaku UMKM di daerah ini untuk bisa memasarkan dan mempromosikan produk-produknya. (kir)

IKLAN

spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO