spot_img
Sabtu, Oktober 19, 2024
spot_img
BerandaEKONOMIMeraup “Cuan” Ditengah Balapan

Meraup “Cuan” Ditengah Balapan

Mataram (Suara NTB) – Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) meraup cuan, disaat yang lain mengikuti balapan pada momentum gelaran MotoGP 2024 yang berlangsung di Pertamina Grand Prix of Indonesia, 27 – 29 September 2024.

Tidak hanya itu, event internasional ini juga menjadi kesempatan besar untuk mempromosikan produk unggulan UMKM kepada potensi pangsa pasar yang lebih luas.

Sebanyak 60 UMKM Pertamina Patra Niaga difasilitasi ikut berpartisipasi pada event “Pertamina Energizing You Festival”, mengisi stand-stand yang sudah disiapkan secara gratis di arena balapan, samping sirkuit.

Stand UMKM Pertamina ini lokasinya cukup strategis, karena berada pada jalur utama pintu keluar masuk penonton. Apalagi, Pertamina Patra Niaga juga menyiapkan panggung hiburan artis-artis lokal dan nasional. Sehingga lokasi ini menjadi titik berkumpulnya penonton selama event berlangsung.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati juga menyempatkan diri mengunjungi dan dan mencicipi produk-produk UMKM binaan Pertamina pada hari kedua free practice/latihan bebas semua kelas, setelah memastikan energi (BBM dan LPG) sangat tersedia dan mencukupi untuk mendukung suksesi MotoGP 2020.

Salah stand yang dikunjungi Dirut Pertamina, para Direksi dan jajaran Pertamina Patra Niaga adalah Nutsafir Cookies Lombok. Orang nomor satu di BUMN energi minyak dan gas ini bahkan mencicipi es krim, salah satu produk inisiatif Nutsafir yang juga dilaunching pada moment MotoGP Mandalika 2024 ini. Ide membuat es krim Nuts ini muncul lima bulan sebelum MotoGP 2024, karena perkiraan penonton MotoGP membutuhkan makanan dan minuman yang segar-segar ditengah terik menonton balapan.

“Enak ya, gak berasa manis es krimnya,” kata Nicke Widyawati dengan ekspresi gembira.
Nicke Widyawati kemudian membagi-bagi es krim Ice Going Nuts yang merupakan kombinasi Nutsafir bean cookies dengan ice cream ini. Es krim Nutsafir ini bahkan menjadi es krim pesanan pada tamu-tamu VIP di Lounge Pertamina selama rangkaian acara Pertamina digelar.
Mendapat kunjungan orang nomor satu Pertamina, apalagi produk dipromosikan, Owner Nutsafir, Sayuk Wibawati mengaku bangga. Ia juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Direksi dan Jajaran Pertamina Patra Niaga.

Pada moment MotoGP Mandalika 2024 ini, Nutsafir adalah salah satu UMKM binaan Pertamina Patra Niaga yang difasilitasi melapak secara gratis di arena premium ini, bersama puluhan UMKM binaan lainnya.

Menurut Sayuk, ia mendapatkan omzet yang menggembirakan selama event berlangsung. Meskipun, omzet tersebut masih dalam hitungan.

“Omzet yang kita dapat masih dihitung. Biasanya kita ngitungnya dua minggu sebelum, dan dua minggu sesudah event. Tapi cukup bagus omzetnya,” katanya.

Meski begitu, bagi Sayuk, nilai omzet menjadi nomor dua. Menurutnya, diberikan kesempatan untuk tampil di event sebesar MotoGP saja sudah luar biasa. Event yang dihadiri oleh puluhan, bahkan 120 ribu penonton menurut catatan ITDC menjadi ajang yang sangat strategis untuk mempromosikan produk.

“Target saya tidak hanya jualan sebenarnya, tapi bagaimana mempromosikan produk. Kalau sudah produk makin dikenal, otomatis omzet,” ujarnya.

Terbukti, pasca event, ia masih tetap menerima pesanan.

“Mungkin masih banyak yang ingin jadikan oleh – oleh, atau masih ingin menikmati produk kami. Karena merasa tidak cukup hanya di arena MotoGP. Sampai sekarang pesanan masih ada tetap masuk. Anak -anak saya masih pada ngurus pesanan, makanya omzet belum bisa kita hitung,” kata Sayuk, Senin, 30 September 2024.

Nutsafir menjadi binaan Pertamina Patra Niaga sejak akhir tahun 2022 lalu. Awalnya, melalui pemberian pinjaman dengan bunga sangat lunak, Nutsafir memenuhi syarat untuk dibiayai, dengan pembiayaan awal Rp200 juta.

Pinjaman lunak inilah yang kemudian digunakan untuk membeli peralatan-peralatan tambahan untuk berproduksi, dan merenovasi rumah produksinya. Dari itu, pembinaan terus berjalan.

Nutsafir kemudian lolos dalam seleksi UMK Academy (program pelatihan dan pembinaan intensif bagi para Usaha Mikro dan Kecil atau UMK agar bisa naik kelas sesuai dengan klasifikasi UMK Go Modern, Go Online, Go Digital dan Go Global). Bahkan Nutsafir berhasil meraih juara II nasional.

Mendapat juara II, Pertamina kemudian memberikan hadiah berupa pilihan apa saja peralatan pendukung kebutuhannya. Penyedia alatnya adalah kerjasama Pertamina dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

“Nah, dari katalog yang diberikan UTS, yang paling pas adalah mesin penggiling kopi, itu yang saya pilih,” jelasnya.

Setelah dibina Pertamina, Nutsafir juga diikutkan pada pameran-pameran besar nasional. Diantaranya, diikutkan pada Trade Expo 2023, dan Halal Expo Indonesia 2023. Dan terakhir di MotoGP Mandalika 2024.

Ahad Rahedi, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menyampaikan, 60 UMKM mitra Pertamina ini diikutkan pada event Pertamina Energizing You Festival saat MotoGP Mandalika 2024.

Dari 60 UMKM binaan yang difasilitasi, 48 diantaranya adalah UMKM makanan dan minuman. 12 lainnya adalah UMKM kriya/handicraft.

“Memang proporsi UMKM yang bisnisnya kuliner kita perbanyak hadirkan. Karena belajar dari tahun-tahun sebelumnya, antusias penonton harus ditunjang dengan ketersediaan kuliner dan minuman, agar tidak kerepotan cari makanan dan minuman di sela-sela menonton MotoGP,” katanya.

Harapannya, pada momentum MotoGP 2024 ini, UMKM Mitra Binaan bisa menujual produk-produk unggulannya, mendapat kesempatan berpomosi, dan dapat menampilkan caranya berproduksi kepada halayak, terutama UMKM Kriya.

Ia menambahkan, pada MotoGP 2024 ini, selama event berlangsung, UMKM meraup omzet hampir Rp1 miliar. Atau pasnya, Rp Rp884.400.750.

Sebagai informasi tambahan, seri balapan di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 ini, Pembalap CFMOTO Gaviota Aspar Team, David Alonso Merajai Moto3. Pembalap Spanyol Aron Canet dari Fantic Racing membuktikan diri menjadi yang terbaik di kelas Moto2. Dan Pembalap Prima Pramac Jorge Martin memenangi MotoGP. Tropi pemenang MotoGP diserahkan langsung Presiden Joko Widodo.(bul)

IKLAN

spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
- Advertisment -


VIDEO